• Tol Brebes-Semarang dinilai berhasil memecah arus kendaraan pada mudik Lebaran 2017.
04 Juli 2017 06:37 WIB

Tol Pemalang Disiapkan untuk Mudik 2018

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementeiran Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera) menargetkan pembangunan tol Pejagan-Pemalang selesai pertengahan 2018. Harapannya, ruas tol itu bisa dipakai untuk arus mudik Lebaran 2018.

"Target saya sebelum mudik tahun depan mudah-mudahan sampai Semarang sudah nyambung. Saya kira yang di Jawa Timur juga sudah nyambung di 2018, diikuti yang Salatiga-Solo," kata Menteri PU-Pera Basuki Hadimuljono dalam acara halalbihalal di lingkungan Kementerian PU-Pera, Jakarta, kemarin.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PU-Pera Herry Trisaputra Zuna mengatakan pihaknya juga akan membuka tol baru yang menghubungkan jalur pantura dengan jalur selatan.

"Kita fokus ini (Pejagan-Pemalang), nanti tinggal ke selatan dari Tegal ke Cilacap, termasuk dari Cileunyi sampai Cilacap," kata Herry.

Herry juga menyebutkan akan ada ruas tol yang dioperasikan pada 2017 seperti Salatiga-Solo dan Ngawi-Kertosono. Begitu pun dengan ruas tol Bawen-Salatiga yang sudah siap difungsikan.

"Mungkin Solo-Ngawi mestinya sudah operasi tahun ini, terus ke Kertosono. Mojokerto-Kertosono juga sudah beroperasi," jelas Herry.

Sementara itu, Kapolri Jenderal Tito Karnavian berharap jalur tol fungsional Brebes-Semarang bisa beroperasi penuh pada pelaksanaan arus mudik 2018. Pasalnya tol sepanjang 110 kilometer itu dinilai berhasil memecah arus kendaraan pada mudik Lebaran 2017.

"Tapi tempat peristirahatan harus ditambah sehingga dapat mengurangi penumpukan kendaraan pada bahu jalan," kata Kapolri di Markas Besar Polri, Jakarta, kemarin.

Di sisi lain, setelah arus balik Lebaran berakhir, ruas tol fungsional Gringsing-Brebes Timur dan Bawen-Tingkir kemarin kembali ditutup untuk kelanjutan pembangunan tol trans-Jawa tersebut. Penutupan juga dilakukan pada ruas tol fungsional Surabaya-Mojokerto.

Tercatat total kendaraan yang melintas di tol fungsional Surabaya-Mojokerto sekitar 6.000-7.000 kendaraan selama arus mudik, sedangkan untuk arus balik Lebaran mencapai 4.500 kendaraan.

<iframe class="embedv" width="560" height="315" src="http://www.metrotvnews.com/embed/aNrw13zb" frameborder="0" scrolling="no" allowfullscreen></iframe>

RELATED NEWS

SEE THROUGH CAMERA

MORE

OTHER NEWS

SEE THROUGH CAMERA