• Tetua adat memimpin puncak ritual Nyadnya Kasada di bibir kawah Bromo, Tengger, Probolinggo, Jawa Timur. Ritual adat ini telah berlangsung ribuan tahun.
  • Ratusan warga Tengger dan wisatawan berdesakan di bibir kawah mengikuti puncak ritual Nyadnya Kasada. Ritual ini selalu menarik perhatian wisatawan, termasuk dari luar negeri.
  • Umat Hindu Tengger melemparkan sesaji ke dalam kawah. Sesaji yang berupa hasil bumi, makanan dan hewan ternak itu adalah ungkapan syukur atas hasil bumi dan perlindungan dari Sang Kuasa.
  • Warga menggendong seekor kambing yang akan jadikan hewan korban dengan cara melemparkannya ke kawah Bromo. Di sampingnya warga menggendong putranya naik ke puncak Bromo.
  • Puluhan orang bersiaga di dinding kawah menunggu sesaji yang dilempar ke dalam kawah. Mereka akan menangkap dan memnbawanya pulang untuk dimakan bersama keluarga.
10 Juli 2017 12:26 WIB

Ritual Nyadnya Kasada Bromo

Metrotvnews.com: Ritual tahunan Nyadya Kasada kembali digelar Umat Hindu Tengger, Senin (10/7/2017) dini hari. Ritual yang diadakan di bibir kawah Gunung Bromo, Jawa Timur, ini merupakan ungkapan syukur atas hasil panen selama setahun terakhir dan harapan kesejahteraan untuk masa selanjutnya. Antara Foto/Zabur Karuru

RELATED NEWS

SEE THROUGH CAMERA

MORE

OTHER NEWS

SEE THROUGH CAMERA