• Keluarga korban bersama-sama menggali liang lahat untuk mengubur setiap jenazah korban keluarga masing-masing, Selasa (11/7/2017). Sebelumnya korban dikubur di sebuah kuburan massal.
  • Truk yang mengangkut 71 keranda jenazah korban pembantaian memasuki pemakaman. Total jumlah warga Bosnia yang dibantai pasukan Serbia pada 11 Juli 1995 lebih dari 8 ribu pria dewasa dan anak-anak.
  • Keranda berisi jenazah korban diusung secara berantai dari truk ke pemakaman. Keluarga korban berdatangan dari berbagai negara di Eropa tempat mereka mengungsi.
  • Salat jenasah dilakukan di areal makam. Pembantaian dilakukan pasukan Serbia setelah mereka merebut sebuah kota di Bosnia timur yang berada di wilayah perlindungan pasukan perdamaian PBB.
  • Dua orang muslimah Bosnia menangis di keranda keluarganya. Proses indentifikasi membutuhkan waktu panjang sebab jasad sudah dalam kondisi rusak dan keluarga korban tidak mudah ditemukan karena terpencar di berbagai pengungsian.
  • Dua orang muslimah Bosnia membaca daftar nama korban yang telah telah dimakamkan sebelumnya. Pemakaman 71 jenasah ini merupakan yang terakhir dari 8 ribuan korban pembantaian etnis.
  • Seorang ibu warga Bosnia berdoa untuk jenasah seorang kerabatnya. Semua korban tewas pembantaian adalah laki-laki agar tidak dapat bertempur melawan pasukan Serbia dalam perang etnis yang brutal pada 1995.
  • Grafis lokasi pembantaian 8 ribu muslim Bosnia oleh pasukan Serbia pada 11 Juli 1995. Para pelaku pembantaian telah dijatuhi hukuman dengan dakwaan kejahatan kemanusiaan.
  • Upacara mengenang kejahatan kemanusiaan sadis tersebut juga berlangsung di Haque, Belanda. Di kota kecil kini terdapat komunitas Bosnia yang hampir semuanya adalah pengungsi dan korban perang etnis. AFP PHOTO / ANP / Robin van Lonkhuijsen
12 Juli 2017 14:17 WIB

71 Korban Genosida Perang Bosnia Dimakamkan

Metrotvnews.com: Jasad 71 warga Bosnia korban genosida pasukan Serbia pada 1995 dimakamkan ulang di pemakaman Potocari, Srebenica. Ini merupakan sisa dari 8 ribuan jasad yang  berhasil diidentifikasi. Ribuan keluarga korban menghadiri upacara pemakaman yang sekaligus mengenang kasus kejahatan kemanusiaan terbesar di Eropa setelah Perang Dunia II. AFP Photo/Elvis Barukcic

RELATED NEWS

SEE THROUGH CAMERA

MORE

OTHER NEWS

SEE THROUGH CAMERA