• Dari sisa-sisa Perang Dunia ke-II yang ada, menjadikan Morotai sebuah pulau yang memiliki nilai sejarah yang tinggi karena banyak ditemukan peninggalan-peninggalan dari militer Jepang dan Sekutu.
  • Banyaknya kendaraan baja serta benda-benda berbahan besi dan logam dari sisa peninggalan perang hingga banyak warga yang mengambil dan menjual untuk di daur ulang.
  • Bahkan sekitar tahun 1980-1990 sebuah perusahaan industri baja mengambil banyak peninggalan-peninggalan tersebut untuk diolah dan dijadikan bahan baku.
  • Di tengah maraknya kegiatan warga yang berdampak hilangnya bukti-bukti sejarah Perang Dunia ke-II itu terdapat seorang pria bernama Muhlis Eso yang berusaha untuk menjaga sisa-sisa peninggalan perang untuk dilestarikan.
  • Pria kelahiran 20 April 1980 itu sejak kecil bersama kakeknya telah mencari dan mengumpulkan peninggalan-peninggalan perang dengan alat-alat seadanya untuk disimpan dan dilestarikan.
  • Hal itu ia lakukan agar generasi selanjutnya dapat melihat bukti-bukti sejarah yang menjadi saksi bisu Perang Dunia ke-II di Pulau Morotai.
  • Dari bukti-bukti sejarah yang masih tersisa diharapkan Pulau Morotai menjadi destinasi wisata sejarah selain dari wisata alam dan baharinya yang telah dikenal akan keindahannya.
18 Oktober 2017 21:54 WIB

Melestarikan Jejak Sejarah di Morotai

Metrotvnews.com, Maluku: Selain memiliki keindahan alamnya, Pulau Morotai yang berlokasi di ujung utara Provinsi Maluku Utara itu menyimpan banyak jejak-jejak sejarah peninggalan Perang Dunia ke-II. Di tengah maraknya kegiatan warga yang berdampak hilangnya bukti-bukti sejarah itu, seorang pria bernama Muhlis Eso berusaha untuk menjaga sisa-sisa peninggalan perang untuk dilestarikan. ANTARA/Hafidz Mubarak A

RELATED NEWS

SEE THROUGH CAMERA

MORE

OTHER NEWS

SEE THROUGH CAMERA