• Masyarakat memperindah kampung halamannya dengan mengecat beragam warna. Kampung Warna-warni ini memang mirip Kampung Jodipan, Malang, Jawa Timur, namun tidak ada spot khusus yang tinggi untuk melihat Kampung Warna-warni di Katulampa ini.
  • Kampung Warna-warni ini awalnya sama seperti kampung pada umumnya. Dengan inisiatif dan kesadaran warga mengusung inovasi gerakan masyarakat sadar wilayah (Gemarsawi) mereka menyulap bantaran Kali Katulampa dan rumah-rumah di sekitarnya dengan warna-warni cat serta gambar-gambar menarik sehingga mempercantik dan memperindah lingkungan mereka menjadikan kampung yang berwarna.
  • Tidak hanya mewarnai tembok-tembok mereka dengan aneka warna, warga juga menyulap ruang terbuka menjadi arena lokasi permainan tradisional dan perpustakaan, serta permainan air di Sungai Katulampa dengan sebutan ngalun ataupun tubing sehingga menjadi daya tarik wisata baru di Kota Bogor.
  • Kampung Warna-warni yang dihuni sekitar 115 keluarga diharapkan menjadi model bagi wilayah lain di daerah Bogor yang secara swadaya menjaga dan memperindah lingkungan mereka serta menggelar berbagai kegiatan positif di lingkungan masyarakat.
  • Dengan kerja keras dan gotong-royong warganya, program Gemarsawi membuat Katulampa menjadi kelurahan berprestasi dan menempati posisi pertama kampung atau kelurahan terbaik se-Jawa Barat serta posisi ke tiga tingkat nasional tahun 2017.
17 November 2017 09:47 WIB

Aksi Sadar Wilayah di Kampung Katulampa

Bogor: Bogor yang dikenal sebagai Kota Hujan dan Kota Seribu Angkot kini memulai membangun citra baru dengan aksi sadar wilayah warganya yang berada di RT 04/ RW 09 Katulampa Panjang, Bogor Timur, Jawa Barat. ANTARA/Yulius Satria Wijay

RELATED NEWS

SEE THROUGH CAMERA

MORE

OTHER NEWS

SEE THROUGH CAMERA