• Menurut catatan sejarah pada masa itu, seni kerajinan perak merupakan pekerjaan abdi dalem yang disebut abdi dalem kriya.
  • Para abdi dalem kriya tersebut bekerja untuk memenuhi perlengkapan dan kebutuhan keraton akan berbagai perhiasan dari emas dan perak serta alat-alat perlengkapan rumah tangga lainnya.
  • Kini, meskipun tidak pernah ada julukan khusus sebagai Kota Perak, Kotagede tetap berkembang sebagai kawasan penghasil perak terkemuka.
  • Warga Kotagede yang ahli dalam mengolah logam, terus disibukkan dengan banyaknya pesanan pembuatan perak oleh pembeli-pembeli dari dalam dan luar negeri. Menurut perajin pihaknya pernah mengerjakan pesanan khusus dari Turki, Eropa, dan negara-negara Arab.
  • Produk kerajinan perak yang dihasilkan warga Kotagede memiliki kualitas yang tinggi sehingga diminati pembeli mancanegara. Kerajinan perak Kotagede punya motif khas dari tanaman teratai dan teknik membuatnya dengan filigri (membentuk dengan kawat perak yang tipis) yang hanya bisa dikerjakan oleh perajin yang teliti.
  • Selain terkenal dengan kerajinan peraknya, Kotagede sendiri adalah kota dengan banyak peninggalan sejarah yang kerap menjadi tujuan wisatawan. Beberapa peninggalan yang menarik adalah makam raja-raja Mataram, masjid kuno dan lainnya. Hasil kerajinan perak menjadi pilihan utama bagi wisatawan untuk membeli suvenir.
03 Desember 2017 13:09 WIB

Menilik Kerajinan Perak Kotagede

Yogyakarta: Kotagede di Yogyakarta termasyhur sebagai salah satu kawasan wisata penghasil kerajinan perak di Indonesia. Terletak di sebelah tenggara dan berjarak 5 kilometer dari pusat Kota Yogyakarta, Kotagede merupakan kota lama yang dibangun oleh Panembahan Senopati pada abad ke-16 sebagai ibu kota Kerajaan Mataram Islam. Berdirinya Kotagede sebagai ibu kota awal kerajaan itu menandai munculnya kerajinan perak di sana. ANTARA/Maulana Surya

RELATED NEWS

SEE THROUGH CAMERA

MORE

OTHER NEWS

SEE THROUGH CAMERA