• "Dengan adanya Tol Soroja ini maka ke depan akan semakin banyak wisatawan mengunjungi berbagai tempat wisata di Selatan Bandung, mulai dari Rumah Boscha sampai rumah tempat syuting film 'Pengabdi Setan' di Pangalengan," kata Presiden Joko Widodo saat memberikan sambutan pada peresmian Tol Soroja, Senin, 4 Desember 2017.
  • "Ka Soreang Ngagaleuh laja, uihna ka Pasir Koja, geuning ayeuna aya tol Soroja. Dina rasa anu bahagia," kata Presiden saat meresmikan Tol Soroja. Terjemahan bebasnya adalah, "Ke Soreang membeli lengkuas, pulangnya ke Pasir Koja. Ternyata sekarang ada Tol Soroja. Jadi rasanya bahagia." Dalam kesempatan itu, Presiden juga mengutip lagu 'Bandung Selatan Dilupakan Jangan' karya Ismail Marzuki.
  • Presiden menuturkan rencana pembangunan Tol Soroja muncul pada 1996 namun baru pada 2015 bisa dilakukan lelang dan akhirnya diresmikannya pada Desember 2017.
  • Menurut beliau, dengan adanya Tol Soroja tersebut maka perjalanan dari Kota Bandung (dari interchange Tol Pasirkoja) menuju Soreang atau sebaliknya, yang biasanya membutuhkan waktu 1,5 jam, menjadi 12 menit saja menggunakan tol.
  • Sebelum diresmikan, Tol Soroja telah melalui uji kelayakan oleh Tim Laik Fungsi dari Kementerian PUPR, Kementerian Perhubungan dan Korlantas pada tanggal l6-l7 November 2017, meliputi Uji Laik Fungsi dan Uji Laik Operasi yang kemudian menetapkan tol tersebut laik operasi. Tol Soroja memiliki lima gerbang, yaitu Margaasih Barat, Margaasih Timur, Kutawaringin Barat, Kutawaringin Timur dan Soreang.
04 Desember 2017 16:36 WIB

Presiden: Tol Soroja Dongkrak Kawasan Bandung Selatan

Bandung: Presiden Joko Widodo menuturkan keberadaan Tol Soreang-Pasirkoja atau Soroja diyakini akan mendongkrak berbagai sektor di Kawasan Bandung Selatan, khususnya pariwisata di Kabupaten Bandung. ANTARA/Agung Rajasa

RELATED NEWS

SEE THROUGH CAMERA

MORE

OTHER NEWS

SEE THROUGH CAMERA