• Sebuah tanda penunjuk jalan Desa Alwine, di persimpangan Kota Uebigau-Wahrenbrueck, Jerman Timur.
  • Desa Alwine telah dilelang dan laku terjual 140 ribu euro (sekitar Rp2,2 miliar) oleh seorang pembeli anomin yang menawar melalui telepon. Dalam lelang tersebut Alwine ditawarkan seharga 125 ribu euro (sekitar Rp2 miliar).
  • Sebelumnya, pada 2000 desa tersebut dijual kepada investor swasta secara simbolik seharga 1 Deutschmark. Saat itu Jerman belum menggunakan mata uang euro. Investor tersebut mendapatkan belasan bangunan ditambah gudang dan garasi, namun gagal membangkitkan desa tersebut.
  • Saat ini Desa Alwine hanya dihuni sekitar 20 orang yang mayoritas adalah pensiunan. Mereka tinggal di desa yang terdiri dari deretan rumah reyot di Negara Bagian Brandenburg, sekitar 120 km selatan ibu kota Jerman, Berlin.
  • Hingga penyatuan Jerman pada 1990, seluruh properti di Desa Alwine yang pernah dihuni sekitar 50 orang dimiliki oleh sebuah pabrik batu bara tertua di Eropa. Pada 1991 pabrik tersebut tutup dan banyak warga pergi karena tidak ada lagi pekerjaan yang tersisa.
  • Alwine bukanlah satu-satunya komunias di Jerman Timur yang tertinggal jauh dibanding wilayah lain di Jerman Barat. Hal itu karena ada ketimpangan besar antara Jerman Barat dan Timur.
11 Desember 2017 09:41 WIB

Desa Bersejarah di Jerman Terjual Rp2,2 Miliar

Berlin: Satu-satunya penawar dalam lelang yang tidak biasa pada Sabtu, 9 Desember 2017 mengeluarkan 140 ribu euro (sekitar Rp2,2 miliar) dan menjadi pemilik baru Desa Alwine, sebuah desa kecil bersejarah di Jerman Timur. AFP/Tobias Schwarz

RELATED NEWS

SEE THROUGH CAMERA

MORE

OTHER NEWS

SEE THROUGH CAMERA