• Wanita Khasi menggunakan pakaian tradisional Jainsem di pinggiran Kota Shillong. Suku Khasi merupakan kelompok mayoritas di ibu kota Negara Bagian Meghalaya tersebut. Suku ini memiliki kemiripan budaya dengan bangsa Kamboja dan Vietnam.
  • Pemuda Khasi menggunakan pakaian modern di pusat Kota Shillong. Kota Shillong dikenal sebagai ibu kota music rock di India. Pemuda Shillong disebut berkarakter terbuka, ekspresif dan kreatif.
  • Masyarakat Khasi menganut sistem matrilineal di mana garis keturunan berdasarkan kepada garis ibu. Sistem tersebut menyebabkan hak waris jatuh kepada anak perempuan. Sistem sejenis juga dimiliki Suku Minangkabau di Provinsi Sumatra Barat.
  • Masyarakat Khasi percaya bahwa nenek moyang mereka merupakan manusia pertama di Bumi. Menurut legenda lokal, Tuhan pada awalnya menciptakan 16 keluarga di Surga. Namun, tujuh keluarga kemudian terjebak di Bumi.
11 Desember 2017 14:36 WIB

Wajah Asia Tenggara di Ibu Kota Musik Rock India

Shillong: Budaya Kota Shillong, Ibu Kota Negara Bagian Meghalaya, India Timur Laut, ternyata memiliki kemiripan dengan bangsa Kamboja dan Vietnam. Suku Khasi merupakan kelompok mayoritas di kota tersebut. MTVN/Wahyu Dwi Anggoro

RELATED NEWS

SEE THROUGH CAMERA

MORE

OTHER NEWS

SEE THROUGH CAMERA