• Pengunjung memadati objek wisata Taj Mahal di Agra, India, Rabu, 3 Januari 2018. Setiap tahun, jutaan turis India menyambangi Taj Mahal. Jumah pengunjung terus meningkat bersamaan dengan semakin mudahnya akses perjalanan ke negara tersebut.
  • Menurut para ahli, kerumunan orang banyak di area objek wisata tersebut menambah kerusakan di Makam Marmer Putih yang semestinya menjadi pembersihan rutin agar warnanya tidak berubah menjadi kuning akibat polusi udara.
  • Kerumunan pengunjung juga memberi terkanan besar pada fondasi makam. Pihak berwenang mengatakan, ke depan hanya 40 ribu wisatawan lokal yang diizinkan memasuki kompleks bersejarah tersebut setiap harinya.
  • Pembatasan tidak berlaku untuk orang asing yang membayar sebesar 1.000 rupee (USD16) untuk tiket masuk. Bagi pengunjung lokal tarifnya hanya 40 rupee.
  • Taj Mahal dibangun Kaisar Mughal Shah Jahan sebagai makam untuk istrinya, Mumtaz Mahal yang wafat saat melahirkan pada 1631.
04 Januari 2018 15:01 WIB

India Batasi Pengunjung Taj Mahal

Agra: India memantapkan langkah untuk membatasi jumlah pengunjung harian objek wisata terbesar negara tersebut yaitu Taj Mahal. Hal tersebut dilakukan untuk melestarikan monumen abad ke-17 itu. AFP/Dominique Faget

RELATED NEWS

SEE THROUGH CAMERA

MORE

OTHER NEWS

SEE THROUGH CAMERA