• Menteri Unifikasi Korea Selatan Cho Myung-Gyun (kiri) berjabat tangan dengan utusan Korea Utara Ri Son-Gwon dalam pertemuan kedua delegasi di desa gencatan senjata Panmunjom, Selasa, 9 Januari, 2018. Pejabat tinggi dari Korut dan Korsel mengadakan dialog resmi pertama mereka setelah lebih dari dua tahun.
  • Dialog kedua Korea tersebut akan menitikberatkan partisipasi Korut dalam Olimpiade Musim Dingin di Pyeongchang, Korsel bulan depan. Namun kedua negara diperkirakan membawa kepentingan masing-masing. Korsel meminta masalah reuni keluarga yang terpish menjadi salah satu poin yang dibahas dalam perundingan antar-Korea tersebut.
  • Meredanya ketegangan kedua Korea terjadi setelah Pemimpin Korut Kim Jong-un dalam pidato tahun baru mengatakan Pyongyang berpeluang mengirimkan kontingen di Olimpiade Musim Dingin di Korsel.
  • Ketegangan antar-Korea meningkat pada tahun lalu setelah Korut menggencarkan program persenjataan mereka dengan menggelar uji coba rudal balistik yang disebut bisa mencapai wilayah AS. Pyongyang juga menggelar uji coba nuklir keenam mereka, terkuat di antara uji coba sebelumnya.
09 Januari 2018 09:34 WIB

Korsel-Korut Gelar Dialog di Panmunjom

Panmunjom: Korea Selatan dan Korea Utara menggelar dialog resmi pertama mereka dalam tempo lebih dari dua tahun. Perwakilan kedua negara bertemu di desa perdamaian Panmunjom, di Zona Demiliterisasi (DMZ) yang membagi kedua Korea, Selasa, 9 Januari 2018. AFP/Dong-A Ilbo

RELATED NEWS

SEE THROUGH CAMERA

MORE

OTHER NEWS

SEE THROUGH CAMERA