• Redmond Gerard mencetak sejarah baru bagi 'Negeri Paman Sam'. Atlet snowboarding remaja itu menjadi atlet pertama yang menyumbangkan emas bagi AS di ajang Pyeongchang, Tak hanya itu, turun dalam nomor slopestyle putra, Gerard menjadi atlet termuda yang menjuarai cabang olahraga snowboarding.
  • Gerard yang lahir pada 29 Juni 2000 itu pun berhasil melampaui rekor atlet termuda sebelumnya yang juga berasal dari AS, Kelly Clark. Clark menjadi juara snowboarding nomor halfpipe pada 2002. Atlet snowboarding putri asal Rhode Island, AS, tersebut menjadi juara dan meraih medali emas saat menginjak usia 18 tahun dan 199 hari.
  • Meski demikian, kategori atlet Olimpiade termuda yang menjadi juara asal AS lainnya yakni Billy Fiske. Atlet cabang bobsled tersebut menjadi juara di multiajang serupa pada 1928 ketika dia baru berusia 16 tahun.
  • Dengan skor 87,16 poin, Gerard berhasil mengungguli dua pesaingnya asal Kanada, Max Parrot (kiri), yang meraih perak dan Mark McMorris (kanan) yang merebut perunggu. "Saya tidak percaya, rasanya gemetar sekarang, entah karena kedinginan atau kegembiraan, saya tidak tahu. Tapi saya sangat gembira, rasanya sulit dipercaya," ujar Gerard.
12 Februari 2018 10:00 WIB

Gerard Jadi Atlet Peraih Emas Termuda

Pyeongchang: Atlet muda snowboarding Redmond Gerard atau Red Gerard membuat kejutan pada ajang Olimpiade Musim Dingin 2018 di Pyeongchang, Korea Selatan (Korsel), Minggu, 11 Februari 2018. Atlet berusia 17 tahun tersebut tidak menyangka bisa meraih medali emas perdananya di laga debut pada Olimpiade Musim Dingin 2018. AFP/Javier Soriano

RELATED NEWS

SEE THROUGH CAMERA

MORE

OTHER NEWS

SEE THROUGH CAMERA