• KSAL Laksamana Ade Supandi (tengah), Direktur Utama PT PAL Indonesia (Persero) Budiman Saleh (kanan) melihat Kapal Cepat Rudal (KCR) 60 meter 'Kerambit' di sela-sela pelucurannya di Divisi Kapal Perang Ujung Surabaya, Jawa Timur, Selasa, 27 Februari 2018. Laksamana Ade Supandi mengatakan, dari program nasional kebutuhan KCR di Indonesia mencapai 20 hingga 25 kapal, dan saat ini masih terpenuhi 4 kapal buatan PT PAL Indonesia.
  • KCR 60 M 'Kerambit' antara lain didesain dengan awak 55 ABK, dan mampu mengarungi lautan hingga kondisi 'Sea State 5' dengan 'significant waves' 4 meter. Memiliki kemampuan stabilitas yang prima dengan daya angkat meningkat dari 1 ton ke 2 ton, serta mempunyai 'Sewage Treatment Plant' atau pengolahan limbah secara mandiri.
  • Sistem persenjataaanya dibuat lebih terintegrasi serta memiliki kemampuan stabilitas yang prima, dan dikembangkan menyesuaikan kebutuhan TNI AL dengan 'improvement Main Engine' 2 x 2880 kW menjadi 2x 3900 kW, tujuannya untuk meningkatkan kecepatan maksimal dari 28 Knot (Half Load) menjadi 28 Knot (Full Load).
28 Februari 2018 09:02 WIB

PT PAL Serahkan Kapal Cepat Rudal 60 ke TNI AL

Surabaya: PT PAL Indonesia telah menyelesaikan kapal perang pesanan Kementerian Pertahanan (Kemenhan) untuk TNI AL dengan tipe kapal cepat rudal (KCR) 60 Meter atau Kombatan. KCR 60 tersebut diberi nama 'Kerambit'. ANTARA/Zabur Karuru

RELATED NEWS

SEE THROUGH CAMERA

MORE

OTHER NEWS

SEE THROUGH CAMERA