• Perempuan berusia 40 tahun itu mulai melakukan olahraga powerlifting beberapa tahun yang lalu untuk membantu menurunkan berat badannya. Sebab, bobot tubuhnya semula ialah 120 kg dan dia harus menyembunyikan tubuh besarnya di balik burqa. Sekarang bobotnya telah turun menjadi 82 kg, dan terlihat lebih bugar dari sebelumnya.
  • Kemampuan Parhiz untuk mengangkat beban 100 kg telah membawa ibu tiga anak itu memperoleh piala dan medali dari kompetisi lokal dan regional.
  • Beberapa kali dalam seminggu tim angkat besi perempuan Afghanistan berkutat di sebuah ruangan berkarpet kecil di Kabul, tempat mereka menanggalkan kain abaya penutup tubuh mereka, dan mengangkat besi, olahraga yang telah lama menjadi wilayah laki-laki.
  • Komite Olimpiade Afghanistan memulai federasi tujuh tahun yang lalu, namun harus berjuang keras untuk menarik perempuan yang sering berkecil hati untuk berolahraga dengan alasan melindungi kebajikan mereka. Powerlifting adalah cabang angkat beban (weightlifting) dengan menggunakan teknik jongkok, bench press dan deadlift, namun tanpa gerakan yang mengangkat beban secara vertikal.
  • "Ada 20 perempuan di tim nasional dibandingkan dengan lebih dari 100 di skuad pria, yang juga menerima lebih banyak dukungan resmi," kata Totakhail Shahpor, yang telah menjadi pelatih tim angkat besi perempuan selama tiga tahun terakhir setelah pendahulunya absen dalam sebuah kompetisi di Kanada.
  • Agar mereka termotivasi, Shahpor mendorong wanita untuk ikut serta dalam kompetisi meskipun masing-masing hanya menerima 1.000 afghanis (kurang dari Rp206 ribu) setiap bulan, hampir tidak cukup untuk menutupi biaya transportasi.
08 Maret 2018 11:41 WIB

Angkat Ekonomi dengan Angkat Besi

Ghazi: Dalam sebuah sasana yang sempit milik Federasi Angkat Besi (powerlifting) Afghanistan, Rasheda Parhiz bersandar di bangku sambil mengenakan tunik dengan celana panjang dan memegang bilah seberat 70 kilogram (150 pon) di atas kepala berlapis syal. AFP/Wakil Kohsar

RELATED NEWS

SEE THROUGH CAMERA

MORE

OTHER NEWS

SEE THROUGH CAMERA