• Kerangka dua dinosaurus masa Jurassic berusia 161-145 tahun SM, Diplodocus (belakang) dan Allosaurus ditampilkan sebelum dilelang di rumah lelang Drouot, Paris, Selasa, 10 April 2018. Hari ini kerangka makhluk purba tersebut dilelang untuk umum.
  • "Pasar fosil bukan lagi hanya untuk para ilmuwan," kata Iacopo Briano dari Binoche et Giquello, rumah lelang yang bakal melelang dua kerangka dinosaurus itu. "Dinosaurus telah menjadi keren, trendi, objek nyata untuk dekorasi, seperti lukisan". Dia menyebut aktor Hollywood Leonardo DiCaprio dan Nicolas Cage merupakan penggemar hiasan prasejarah.
  • Tulang-tulang dinosaurus semakin banyak menghiasi lemari para kolektor, dengan kerangka besar lain, Theropoda, yang diperkirakan berharga mencapai 1,5 juta euro (USD1,84 juta) ketika dilelang pada Juni.
  • Di antara para kolektor dinosaurus yang berminat ternyata berasal dari Tiongkok. Pembeli baru asal Tiongkok, yang sekarang menawar, melawan perusahaan multinasional serta orang Eropa dan Amerika yang sangat kaya.
  • Pada 1997, McDonald's dan Walt Disney berada di antara donor yang menawar hingga USD8,36 juta untuk membeli Sue, Tyrannosaurus rex, yang paling lengkap dan paling lestari yang pernah ditemukan, untuk Field Museum of Natural History di Chicago.
  • Allosaurus yang mulai dijual pada Rabu, 11 April 2018, di antara 87 banyak artefak alami ialah dinosaurus terkecil dengan panjang 3,8 meter. Harganya diperkirakan akan mencapai 650 ribu euro. Sementara itu, Diplodocus-- meskipun lebih besar dengan panjang 12 meter dari hidung ke ekor--dipatok dengan harga 450 ribu-500 ribu euro.
  • Karnivora seperti Allosaurus sering kali berharga lebih mahal daripada herbivora. Harganya juga naik jika kerangkanya menunjukkan jejak perkelahian atau penyakit yang tidak dapat disembuhkan, dan juga jika dianggap langka, memiliki persentase tinggi tulang yang terverifikasi, atau tengkorak yang sangat mengesankan.
11 April 2018 15:20 WIB

Dinosaurus Kini Jadi Hiasan Rumah

Paris: Kerangka dinousaurus sebentar lagi bukan hanya menjadi penghuni museum, melainkan juga jadi penghias interior rumah atau kantor. Itu diungkapkan setelah dua kerangka jenis dinosaurus, yakni Allosaurus dan Diplodocus, bakal dilelang di Paris, Prancis, pekan ini. AFP/Stephane De Sakutin

RELATED NEWS

SEE THROUGH CAMERA

MORE

OTHER NEWS

SEE THROUGH CAMERA