• Presiden Korsel Moon Jae-in berjabat tangan dengan pemimpin tertinggi Korut Kim Jong Un di Zona Demiliterisasi yang membagi kedua negara, Jumat, 27 April 2018. "Saya senang bertemu dengan Anda," kata Moon pada Kim.
  • Kim didampingi Moon melintasi garis pemisah militer ke sisi Korsel untuk melaksanakan pertemuan puncak pertama antara kedua pihak itu dalam lebih dari satu dasawarsa.
  • Kim menjadi pemimpin Korut pertama yang menginjakkan kakinya di Korsel sejak Perang Korea berakhir pada 65 tahun silam.
  • Kedua pemimpin Korea mengikuti upacara penyambutan di sebuah alun-alun di Panmunjom, desa perbatasan tempat KTT akan diadakan.
  • Kedua pemimpin Korea kemudian melakukan pertemuan di 'Peace House' Panmunjom. Pertemuan bersejarah itu digelar setelah setahun ketegangan meningkat terkait perkembangan senjata nuklir dan rudal balistik antarbenua milik Korut.
  • Pertemuan tersebut dimaksudkan untuk membuka jalan bagi pertemuan antara Kim Jong-un dengan Presiden AS Donald Trump. Rencananya, pertemuan antara Kim dan Trump akan dilakukan pada akhir Mei atau awal Juni. Dalam pertemuan tersebut, keduanya direncanakan membahas mengenai denuklirisasi.
27 April 2018 10:03 WIB

Pertemuan Bersejarah Dua Pemimpin Korea

Seoul: Presiden Korea Selatan Moon Jae-in bertemu pemimpin tertinggi Korea Utara Kim Jong Un di Zona Demiliterisasi, Jumat, 27 April 2018. Zona Demiliterisasi tersebut berada di sisi selatan desa gencatan senjata Panmunjom. Moon mengaku senang bertemu Kim. AFP/Korea Summit Press Pool/Korean Broadcasting System

RELATED NEWS

SEE THROUGH CAMERA

MORE

OTHER NEWS

SEE THROUGH CAMERA