• Setelah perang Korea berakhir dengan sebuah gencatan senjata pada 1953, Panmunjom ditunjuk sebagai satu tempat di mana para pejabat dari kedua belah pihak dapat bertemu. Desa ini dibagi menjadi dua bagian garis demarkasi militer, satu sisi sebelah Utara, yang lain ke Selatan. Di tengah desa terdapat gedung-gedung Komando PBB. Zona seluas 250 kilometer ini dipenuhi dengan kawat berduri, deretan kamera pengawas, dan pagar listrik.
  • Wisatawan tidak boleh sembarangan pergi ke kawasan DMZ tanpa dipandu. Harga tur ini bervariasi antara 45.000-95.000 won (setara Rp612 ribu hingga Rp1,292 juta) tergantung kawasan mana saja yang dikunjungi. Di pintu masuk DMZ ada sebuah titik pemeriksaan (check point). Di sini seorang tentara Korsel naik ke bus dan memeriksa seluruh paspor pengunjung yang akan masuk ke wilayah DMZ. Tentara tersebut kemudian turun setelah memeriksa seluruh paspor.
  • Perjalanan dilanjutkan dan tiba di titik pertama, Imjingak Park. Di tempat tersebut turis bisa mengabadikan foto di depan ribuan pita warna warni yang diikatkan di pagar. Di pita-pita tersebut, pengunjung menuliskan harapan atas perdamaian di Semenanjung Korea.
  • Titik kunjungan berikutnya adalah Dora Observatory yang terletak di puncak Dorasan (Gunung Dora) dan merupakan bagian Korsel yang paling dekat dengan Korut. Letaknya di Kota Paju, Provinsi Gyeonggi, Korsel. Dari titik Dora Observatory, pengunjung bisa melihat wilayah Korut melalui teropong. Untuk memakai teropong-teropong tersebut, pengunjung harus memasukkan koin 500 won (setara Rp6.800). Dari teropong, pengunjung dapat melihat permukiman warga di Korut dan beberapa gedung perkantoran. Namun tidak terlihat jelas aktifitas warga di sana.
  • Titik ketiga adalah berkunjung ke terowongan yang dibangun oleh tentara Korut. Konon terowongan ini disiapkan untuk menyerang Korsel melalui jalur bawah tanah. Meski ada 4 terowongan yang sudah berhasil ditemukan oleh Korsel, yang diperbolehkan untuk ditunjukkan ke turis adalah yang nomor tiga. Terowongan ini dibangun sepanjang 1,6 km dengan kedalaman sekitar 70 meter di bawah tanah. Di sini turis harus berjalan turun dengan kemiringan hampir 45 derajat, hingga mencapai titik terjauh. Di dalam terowongan disediakan masker-masker oksigen jika terjadi keadaan darurat. Namun sayangnya turis dilarang mengambil gambar di tempat tersebut.
27 April 2018 16:13 WIB

Menengok Zona Demiliterisasi Korea

Seoul: Zona demiliterisasi antara Korea Utara dan Korea Selatan yang  disebut Demiliterized Zone (DMZ) terletak di sisi selatan desa gencatan senjata Panmunjom. Dari Seoul jaraknya kurang dari 50 kilometer dan bisa ditempuh dengan perjalanan darat selama 1 jam. Medcom.id/Jati Savitri

RELATED NEWS

SEE THROUGH CAMERA

MORE

OTHER NEWS

SEE THROUGH CAMERA