• Sebanyak 350 tenda memenuhi halaman Masjid Habiburahman, Bandung, Jawa Barat yang didirikan jemaah untuk menjemput berkah Lailatulkadar. Kegiatan iktikaf di masjid ini sudah berlangsung sejak 1998, akan tetapi iktikaf dengan mendirikan tenda baru ada pada 2011 hingga saat ini.
  • Menurut keterangan panitia, masjid ini bisa menampung 4 ribu hingga 5 ribu jemaah. Peserta iktikaf berasal dari kota Bandung dan sekitarnya, Kalimantan, Sulawesi, Sumatra, bahkan dari negeri jiran Malaysia.
  • Sebelum mendirikan tenda, jemaah harus mendaftarkan diri terlebih dahulu melalui panitia sebelum bulan Ramadan, karena pelataran masjid tidak cukup menampung minat jemaah untuk beriktikaf sambil mendirikan tenda.
  • Dari tahun ke tahun jumlah jemaah terus bertambah, namun pihak panitia berupaya memfasilitasi jemaah mulai dari tempat salat, tempat wudu, makanan berbuka dan sahur, hingga kajian memperdalam ilmu agama.
  • Kegiatan jemaah selain melaksanakan salat Tarawih juga salat Qiamulail berjemaah dengan menyelesaikan bacaan Alquran tiga juz selama tiga jam sehingga dalam 10 hari iktikaf 30 juz dapat diselesaikan.
  • Kegiatan peribadatan terus dilakukan jemaah hingga akhir bulan Ramadan, untuk menjemput malam penuh berkah yaitu Lailatulkadar.
12 Juni 2018 15:23 WIB

Menjemput Berkah Lailaturkadar

Bandung: Berbagai cara dilakukan umat muslim untuk mengejar berkah pada 10 hari terakhir bulan Ramadan diantaranya dengan memperbanyak ibadah seperti membaca Alquran, salat sunah hingga iktikaf. Antara Foto/M Agung Rajasa

RELATED NEWS

SEE THROUGH CAMERA

MORE

OTHER NEWS

SEE THROUGH CAMERA