• Para pemain Prancis merayakan kemenangan sambil mengangkat trofi piala dunia setelah mengalahkan Kroasia 4-2 dalam final Piala Dunia 2018 di Stadion Luzhniki, Moskow, Minggu, 15 Juli 2018 malam WIB.
  • Ini merupakan final dengan skor terbesar sejak Inggris menang 4-2 atas Jerman Barat setelah perpanjangan waktu pada 1966, dan skor tertinggi di waktu normal sejak Brasil menang 5-0 atas Swedia 50 tahun silam.
  • Bagi Prancis ini merupakan gelar Piala Dunia kedua menyusul kesuksesan mereka di kandang sendiri pada 20 tahun silam.
  • Lebih mengesankan, predikat juara Piala Dunia 2018 menjadi kado terindah bagi rakyat Prancis yang sehari sebelumnya, 14 Juli, merayakan hari Bastille atau Hari Nasional.
  • Sukacita melanda para pemain, pelatih, dan ofisial, serta puluhan ribu suporter Prancis. Pelatih Didier Deschamps memeluk satu per satu para pemain. Kegembiraan terpancar di wajah mereka.
  • Kemenangan ini membuat Deschamps, kapten tim 1998, menjadi orang ketiga yang menjuarai Piala Dunia sebagai pemain dan pelatih setelah Mario Zagallo asal Brasil dan legenda Jerman Franz Beckenbauer.
  • Sementara Kylian Mbappe, penyerang 19 tahun yang bermain di Paris Saitn Germain menjadi pemain muda pertama sejak legenda Brasil Pele pada 1958 yang mencetak gol di final Piala Dunia. Mbappe, yang menjaringkan empat gol di Rusia, terpilih sebagai pemain muda terbaik pada turnamen tersebut.
  • Bagi Kroasia, meski gagal juara namun ini merupakan prestasi terbaik setelah di Piala Dunia 1998 menembus semifinal. Saat itu mereka juga dikalahkan Prancis.
  • Kapten Kroasia Luca Modric terpilih sebagai pemain terbaik atau meraih penghargaan Bola Emas. Di turnamen ini Modric mencetak dua gol, satu assist, dan memiliki persentase penguasaan bola 87 persen. Dalam tujuh laga yang ia mainkan, Modric tiga kali meraih predikat man of the match.
16 Juli 2018 09:04 WIB

Prancis Juara Piala Dunia

Moskow: Prancis menjuarai Piala Dunia untuk kedua kalinya. Les Blues menghancurkan mimpi Kroasia untuk meraih gelar perdananya dengan kemenangan 4-2 di Stadion Luzhniki, Moskow, Minggu, 15 Juli 2018 malam WIB. AFP Photo/Franck Fife/Jewel Samad/Kirill Kudryavtsev/Alexander Nemenov/Odd Andersen

RELATED NEWS

SEE THROUGH CAMERA

MORE

OTHER NEWS

SEE THROUGH CAMERA