• Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres (kanan) dan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe (kiri) menghadiri upacara peringatan ke-73 pemboman atom di Peace Memorial Park di Nagasaki, Kamis, 9 Agustus 2018.
  • Guterres meletakkan karangan buka di Peace Memorial Park di Nagasaki.
  • Guterres menjadi Sekjen PBB pertama yang menghadiri upacara tersebut Nagasaki. Pendahulu Guterres, Ban Ki-moon, hadir pada peringatan serupa di Hiroshima pada 2010.
  • Pengeboman atom di kota pelabuhan Nagasaki pada 9 Agustus 1945 mengakibatkan sekitar 74.000 orang tewas --sebagian besar meninggal seketika-- dalam salah satu bagian berakhirnya Perang Dunia II.
  • Serangan ke Nagasaki terjadi tiga hari setelah pesawat pengebom Amerika B-29 Enola Gay menjatuhkan sebuah bom atom --yang dinamai 'Little Boy' (Bocah Laki-laki), ke Hiroshima. Serangan itu merupakan pengeboman atom pertama sepanjang sejarah. Dalam serangan Hiroshima, jumlah orang yang tewas diperkirakan mencapai 140.000.
09 Agustus 2018 10:41 WIB

Sekjen PBB Hadiri Peringatan Bom Atom Nagasaki

Nagasaki: Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres menghadiri upacara peringatan ke-73 tahun pengeboman atom di Nagasaki, Jepang, Kamis, 9 Agustus 2018. AFP Photo/JIJI PRESS/Japan Out

RELATED NEWS

SEE THROUGH CAMERA

MORE

OTHER NEWS

SEE THROUGH CAMERA