• Fenomena kebangkitan sektor tunggal putra badminton Indonesia menjadi salah satunya. Badminton yang merupakan olah raga terpopuler di Indonesia menjadi magnet yang luar biasa selama Asian Games.
  • Antusiasme masyarakat untuk menyaksikan pertandingan demi pertandingan tak terbendung. Antrean penonton, sorak sorai selama pertandingan, dan histeria tiap kali jagoan mereka bertanding menjadi pemandangan sehari-hari di Istora Senayan.
  • Bahkan sosok orang nomor satu di negeri ini pun turut merasakan ketegangan Istora saat tim badminton Indonesia bertanding melawan tim badminton Tiongkok pada final beregu putra Asian Games XVIII.
  • Satu nama yang mencuat selama gelaran Asian Games XVIII datang dari cabang olah raga ini, ialah Jonatan Christie. Jojo, sapaan akrab Jonatan bukan nama baru di kancah badminton nasional. Jojo menjadi andalan Indonesia di ajang super series untuk sektor tunggal putra.
  • Selama ini, ia kerap mendapat cap pebulu tangkis muda gagal, 'one hit wonder', atau sejenisnya, mengingat dia tak punya prestasi sama sekali di ajang super series. Pencapaian terbaiknya adalah medali emas saat SEA Games 2017. Kritikan terus mendatangi Jojo yang dianggap tak bisa meneruskan kejayaan Taufik Hidayat di nomor tunggal putra. Bukan tanpa alasan karena Indonesia sulit menemukan pengganti yang sepadan untuk Taufik sejauh ini.
  • Fenomena Jonatan Christie tak bisa dipisahkan dari aksi selebrasinya. Bukan hal langka saat seorang pemain berganti kaos di sela-sela pertandingan. Tapi saat Jojo melepas kaosnya saat selebrasi, Istora bergemuruh oleh histeria dari kaum hawa. Ya, selain berparas rupawan, Jojo memang memiliki postur yang hampir sempurna untuk seorang atlet.
  • Antusiasme penggemar badminton Indonesia dibayar lunas oleh Jojo di nomor perorangan pascatim badminton beregu putra Indonesia gagal meraih emas saat melawan Tiongkok.
  • Melawan Chou Tienchen saat final menjadi laga yang tak mudah untuk Jonatan. Tiga set yang ketat 21-18, 20-22, dan 21-15 dengan total waktu kurang lebih 70 menit mengantarkan Jojo ke podium. Medali emas sektor tunggal badminton mengalir ke Indonesia. Keringat dan harapan terbayarkan. Selamat dan terima kasih atas pembuktiannya, Jojo.
12 September 2018 10:10 WIB

Fenomena Jojo di Asian Games

Jakarta: Asian Games XVIII resmi selesai. Namun rasanya banyak peristiwa tak terlupakan dari dua pekan gelaran olah raga terbesar se-Asia tersebut. Aksi heroik para atlet, rekor-rekor yang tercipta di berbagai cabang olah raga, serta peristiwa yang viral di media massa. Antara Foto/Puspa Perwitasari

RELATED NEWS

SEE THROUGH CAMERA

MORE

OTHER NEWS

SEE THROUGH CAMERA