• Presiden bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo menyaksikan peletakan kapsul waktu ke dalam cangkang oleh 36 anak-anak. Kapsul waktu tersebut berisi tujuh mimpi anak-anak bangsa dari 34 provinsi di Indonesia.
  • Presiden meyakini tujuh mimpi anak-anak bangsa tersebut akan bisa terwujud, jika semua elemen bangsa mau bekerja keras, kerja bersama atau mau berkolaborasi. "Jika kita mau bersatu, jika kita optimis dan penuh keyakinan, kita akan menjadi negara yang besar, negara yang digdaya, negara yang bermartabat dan dihormati negara-negara lain di dunia," kata Presiden saat memberikan sambutan pada Peresmian Monumen Kapsul Waktu di Merauke, Provinsi Papua, pada Jumat, 16 November 2018.
  • Presiden mengingatkan bahwa mimpi besar yang diletakkan di Monumen ini bukanlah pekerjaan satu generasi, tapi pekerjaan beberapa generasi. "Ini pekerjaan besar. Artinya selama 70 tahun atau 100 tahun ke depan, semua elemen bangsa harus terus kerja keras. Tidak ada pekerjaan yang instan, tidak ada pekerjaan yang hanya bisa dilakukan oleh satu orang atau segelintir orang. Ini kerja bersama,” kata Presiden.
  • Pekerjaan besar itu untuk mewujudkan mimpi Indonesia tahun 2085 dan tidak boleh berhenti. "Kita harus berani mengambil pilihan yang sulit untuk bisa bergerak lebih cepat lagi, kita harus berani melompat, meraih kemajuan. Sekali lagi, Indonesia Maju bukan Indonesia mundur, apalagi Indonesia bubar," tutur Presiden.
  • Pembangunan kapsul waktu tersebut merupakan ide Presiden Jokowi saat HUT ke-70 RI pada 2015 lalu, dan akan dibuka kembali pada 2085 mendatang. Angka 17, 8, dan 45 yang memiliki makna spesial bagi Indonesia, yakni tanggal, bulan dan tahun kemerdekaan, dipilih sebagai ukuran monumen dengan lebar 17 meter, tinggi 8 meter dan panjang 45 meter. Sementara di bagian dalam monumen juga dihiasi relief mengenai perjalanan RI, Pancasila serta kebudayaan Papua.
16 November 2018 12:58 WIB

Jokowi Yakin Mimpi Anak Bangsa Bakal Terwujud

Jayapura: Presiden Joko Widodo meresmikan Monumen Kapsul Waktu yang berisi tujuh mimpi anak-anak bangsa dari 34 provinsi di Indonesia, di Kabupaten Merauke, Jumat, 16 November 2018. Jokowi yakin mimpi tersebut akan terwujud jika semua elemen bangsa bekerja keras. Setpres/Agus Rahayu Slamet Suparto

RELATED NEWS

SEE THROUGH CAMERA

MORE

OTHER NEWS

SEE THROUGH CAMERA