• Mosaik di dinding Gereja Nativity di kota suci Betlehem, Tepi Barat, Palestina.
  • Setelah tersembunyi berabad-abad lamanya, keindahan mozaik Gereja Kelahiran Yesus Kristus di Betlehem, kembali bersinar. Kemegahan sisa-sisa peninggalan era Perang Salib muncul di tengah euforia perayaan Natal tahun ini.
  • Para ahli bekerja keras membersihkan sekaligus memperbaiki fragmen yang masih utuh dari karya agung abad ke-12. Dibutuhkan sekitar 15 bulan untuk menampilkan mozaik seluas 125 meter persegi dari total 2.000 meter persegi yang terbuat dari emas dan kaca berkilauan.
  • Sentuhan tangan dingin para ahli restorasi juga menyentuh di dinding bagian tengah gereja. Di sana, mereka memberikan sentuhan baru yang diambil dari karya akhir abad ke-12.
  • Sayangnya, sisa mozaik lainnya rusak akibat perang, gempa bumi, dan suhu lembab. Kini puing-puing mozaik yang dapat dipulihkan dinikmati pengunjung saat memasuki gereja tempat kelahiran Yesus di wilayah Tepi Barat, Kota Betlehem itu.
  • Pengunjung menikmati sisa-sisa mosaik di Gereja Nativity yang berhasil diselamatkan oleh para ilmuwan.
17 Desember 2018 13:45 WIB

Mosaik Gereja Kelahiran Yesus di Betlehem kembali Bersinar

Betlehem: Pemerintah Italia dan Otoritas Palestina bekerja sama merenovasi dan menghias Gereja Nativity sejak 2013 dengan menghabiskan dana sekitar 18 juta euro (USD 20,5 juta). Gereja tersebut merupakan tempat kelahiran Yesus. AFP Photo/Thomas Coex

RELATED NEWS

SEE THROUGH CAMERA

MORE

OTHER NEWS

SEE THROUGH CAMERA