• "Beberapa contoh perkembangan teknologi digital yang terkait dengan ekonomi keuangan syariah dan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi misalnya sistem produksi dan rantai nilai dalam sektor industri halal, yang antara lain ditunjukkan pada tingkat efisiensi proses dengan adanya penerapan teknologi digital," ujar Ma'ruf Amin saat menjadi pembicara kunci dalam seminar bertajuk "Teknologi dan Inovasi untuk Masa Depan Keuangan Islam" di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Rabu, 13 Februari 2019.
  • Sementara itu dari sisi keuangan, lanjut dia, aplikasi fintech (financial technology) yang diterapkan sesuai dengan prinsip dan nilai ekonomi syariah tidak hanya berjalan pada sektor keuangan syariah komersial, namun juga dapat mencakup implementasi pada keuangan sosial syariah seperti pengumpulan dan penyaluran zakat, infaq, shadaqah, dan wakaf.
  • Menurut Ma'ruf Amin, ekonomi syariah harus menjadi jadi pemicu bagi penguatan ekonomi nasional karena merupakan dasar dari pemberdayaan ekonomi umat. "Antara pemberdayaan ekonomi umat dan ekonomi syariah itu saling menopang," katanya.
13 Februari 2019 14:50 WIB

Ma'ruf Amin: Teknologi Harus Dimanfaatkan Majukan Keuangan Syariah

Jakarta: Ketua Dewan Pembina Masyarakat Ekonomi Syariah Ma'ruf Amin mengatakan kemajuan teknologi harus mampu dimanfaatkan secara maksimal untuk memajukan keuangan syariah dengan tetap memperhatikan prinsip-prinsip syariah dan kemaslahatan umat. Antara Foto/Sigid Kurniawan

RELATED NEWS

SEE THROUGH CAMERA

MORE

OTHER NEWS

SEE THROUGH CAMERA