• Jokowi mengatakan terowongan kembar sepanjang 230 meter itu bakal memperlancar aliran Sungai Citarum di Curug Jompong, serta mengurangi lama dan luas genangan yang sering terjadi pada saat musim hujan di Kecamatan Dayeuhkolot dan sekitarnya. "Kita harapkan ini dapat mengatasi banjir yang ada di Bandung, terutama di daerah Dayeuhkolot, Baleendah, Bojongsoang, ini bisa terkurangi banyak sekali dengan adanya terowongan ini," kata Jokowi.
  • Menurutnya, pembangunan terowongan Nanjung sudah direncanakan sejak 15 tahun lalu, namun terkendala anggaran pemerintah daerah. Karena itu, pembangunan terowongan ini dialihkan ke pemerintah pusat dan dikerjakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). "Enggak punya kemampuan untuk mengerjakan, baik di kabupaten maupun di provinsi. Kalau gak diambil alih pusat ya gak mungkin ini akan bisa dilaksanakan," ungkap Jokowi.
  • Jokowi pun berharap kedua terowongan tersebut rampung tahun ini sehingga memberikan manfaat bagi warga Bandung Selatan. Khususnya saat musim penghujan tiba. "Tahun ini rampung lah, akhir tahun ini insyaallah sudah rampung, selesai. Sehingga nanti musim hujan berikut sudah keliatan fungsi dari terowongan ini," pungkas dia.
  • Adapun Terowongan Nanjung terdiri atas dua bagian dengan panjang masing-masing mencapai 230 meter dan diameter delapan meter. Terowongan ini digarap PT Wijaya Karya (Persero) Tbk dan PT Adhi Karya (Persero) Tbk KSO dengan menelan anggaran Rp352,9 miliar. Kehadiran terowongan ini dapat meningkatkan kapasitas Sungai Citarum di wilayah Nanjung yang semula 570 meter kubik per detik menjadi 643 meter kubik per detik.
10 Maret 2019 10:06 WIB

Jokowi Tinjau Proyek Terowongan Air Nanjung

Bandung: Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kerja ke Kota dan Kabupaten Bandung, Jabar, Minggu, 10 Maret 2019. Mengawali kunjungannya, Jokowi meninjau proyek Terowongan Air Nanjung, di Jalan Terusan Nanjung, Kecamatan Margaasih, Kabupaten Bandung. Medcom.id/Desi Angriani

RELATED NEWS

SEE THROUGH CAMERA

MORE

OTHER NEWS

SEE THROUGH CAMERA