NEWSTICKER

Index: 2023-01-26

146 result

Jenazah Fatimah & Halimah Korban Wowon Cs Segera Diautopsi

Jenazah Fatimah & Halimah Korban Wowon Cs Segera Diautopsi

Metro Hari Ini • 2 days ago

Jenazah Siti Fatimah dan Halimah korban serial killer Wowon Cs segera diautopsi. Kedua jenazah tersebut sudah berada di RS Polri sejak Rabu (26/1/2023).

Tim Forensik RS Polri dan Fakultas Kedokteran UI tengah mempersiapkan agenda autopsi kedua jenazah tersebut dan masih menunggu kesiapan tim Forensik RS Polri, Lembar Kerja Obyek Khusus (LKOK) dan Laboratorium Forensik. Polisi menyebut, autopsi merupakan unsur penting penyidikan dalam mengungkap kasus Wowon Cs. 

Sebelumnya, tujuh jenazah sudah diautopsi oleh Tim Forensik RS Polri yaitu dari Bekasi Ai Maimunah, Ridwan dan Riswandi. Empat jenazah lain dari Cianjur yaitu Bayu, Farida, Noneng dan Wiwin.

Jenazah Siti Fatimah & Halimah Korban Wowon Cs Diautopsi di RS Polri Kramat Jati

Jenazah Siti Fatimah & Halimah Korban Wowon Cs Diautopsi di RS Polri Kramat Jati

Metro Hari Ini • 2 days ago

Polisi terus melakukan penyelidikan untuk menguak tabir pembunuhan yang dilakukan Wowon Cs. Polisi telah melakukan ekshumasi makam Siti Fatimah dan Halimah yang diduga menjadi korban pembunuhan. Keduanya diautopsi di RS Polri Kramat Jati, Jakarta Timur.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko mengungkapkan autopsi kedua jenazah korba Wowon Cs melibatkan kedokteran forensik dan laboratorium forensik.

"Hasil autopsi menjadi bahan catatan penyidik dalam melengkapi alat bukti sebagai proses penyidikan," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko dalam tayangan Metro Hari Ini, Kamis (26/1/2023).

Autopsi tersebut dilakukan untuk mengetahui sebab pasti dan mendalami kematian dari kedua korban. Autopsi dilakukan dengan menggunakan scientific crime investigation.

Diteror Ular Kobra, Eks Gubernur Banten: Perbuatan Tidak Beradab!

Diteror Ular Kobra, Eks Gubernur Banten: Perbuatan Tidak Beradab!

Primetime News • 2 days ago

Rumah Eks Gubernur Banten, Wahidin Halim mendapat sekarung ular kobra. Teror ini terjadi diduga karena Wahidin Halim akan menerima Capres usulan Partai NasDem, Anies Baswedan, Rabu (25/1/2023) pukul 3:30 WIB.

Namun, Wahidin menyatakan kejadian ini merupakan kejahatan politik dan tidak beradab. Ia pun akan melaporkan kejadian tersebut kepada pihak kepolisian.

Berdasarkan rekaman CCTV, terlihat dua orang tak dikenal mengendarai sepeda motor sembari membawa sekarung ular dan melemparkannya ke rumah Wahidin Halim. Untung nya, 20 ekor ular kobra tersebut tidak terlepas dari dalam karung.

Wowon Cs Ancam akan Bunuh Korban Jika Menanyakan Uangnya

Wowon Cs Ancam akan Bunuh Korban Jika Menanyakan Uangnya

Metro Hari Ini • 2 days ago

Selain menewaskan sembilan korban, Wowon Cs juga menipu belasan TKW yang disuruh menyetor uang dengan iming-iming akan digandakan. Namun, setiap kali menanyakan uangnya, korban justru diancam akan dibunuh. 

Selain membunuh istrinya, Ai Maemunah, Wowon Cs juga berusaha membunuh adik kandung Ai Maemunah bernama Yeni Nursaadah. 

Ayah Ai Maemunah dan Yeni menyatakan, Wowon berusaha membunuh Yeni karena menanyakan uangnya yang disetorkan kepada Wowon. Bahkan, Yeni pernah dua kali dianiaya Wowon hingga mengalami memar di bagian wajah saat hendak menanyakan uangnya. 

Wowon juga mengancam jika terus menanyakan uang, Yeni akan dibunuh hingga tujuh turunan. Hingga saat ini, Yeni masih bekerja di Timur Tengah dan enggan pulang ke Indonesia karena takut kepada Wowon.

Selain Yeni, seorang TKW yang menjadi korban penipuan Wowon, yakni Neng Hana Patiningrum mengaku menyetor uang sebesar Rp4 juta hingga Rp5 juta setiap bulan selama sekitar dua tahun kepada Wowon. Saat menanyakan uangnya, Neng Hana diancam Wowon akan dicelakai. 

Pesawat Lion Air Tabrak Garbarata di Bandara Mapoh Merauke

Pesawat Lion Air Tabrak Garbarata di Bandara Mapoh Merauke

Metro Hari Ini • 2 days ago

Sayap kanan sebuah pesawat terbang Lion Air rusak setelah menabrak garbarata di Bandara Mapoh Merauke, Kamis (26/1/2023) sekitar pukul 09.00 WIT. Akibatnya 126 penumpangnya gagal terbang. 

Pesawat dengan nomor penerbangan JT-0797  tersebut sedianya hendak terbang ke Jayapura-Makassar-Jakarta. Sayap yang retak akibat menabrak garbarata diketahui seorang penumpang ketika pesawat bersiap lepas landas. 

Menindaklanjuti laporan penumpangnya, kapten pilot memutuskan membatalkan lepas landas. Pesawat pun kembali ke bandara agar kerusakanya dapat diperiksa lebih lanjut. 

Wakapolsek Baktiya Aceh Utara Ditabrak dan Terseret Sejauh 1 Km

Wakapolsek Baktiya Aceh Utara Ditabrak dan Terseret Sejauh 1 Km

Metro Hari Ini • 2 days ago

Wakil Kepala Kepolisian (Wakapolsek) sektor Baktiya, Aceh Utara, Aceh, ditabrak mobil S (50) dan terbawa hingga sejauh satu kilometer akibat proses mediasi yang buntu, Kamis (26/1/2023).

Penabrakan berawal saat Wakapolsek berupaya memediasi S bersama dua petugas leasing, terkait masalah cicilan kendaraan di Ruang Polsek Baktiya. Namun, S kemudian meninggalkan ruangan dan kabur. Wakapolsek berusaha mencegah dan tak sempat menghindar hingga tertabrak dan terseret sejauh satu kilometer di bagian depan mobil.  

Kasat Reskrim Polser Aceh Utara AKP Agus Riwayanto Diputra menyatakan, pelaku sudah ditangkap dan ditetapkan sebagai tersangka dugaan tindak pidana percobaan pembunuhan dan penganiayaan.

Tolak  Ajakan Damai, Venna Melinda Lanjutkan Proses Hukum Kasus KDRT

Tolak Ajakan Damai, Venna Melinda Lanjutkan Proses Hukum Kasus KDRT

Metro Hari Ini • 2 days ago

Artis yang juga politisi Venna Melinda mengaku tidak akan berdamai dengan suaminya Ferry Irawan. Venna tetap bersikukuh akan melanjutkan kasusnya hingga ke persidangan meski Ferry ingin bertemu untuk mediasi perdamaian, Kamis (26/1/2023).

Hal tersebut diungkap Verra saat menjalani pemeriksaan tambahan di Ruang Subdit Renakta, Ditreskrimum, Polda Jawa Timur, dengan didampingi pengacaranya Hotman Paris Hutapea. 

Pemeriksaan tambahan terhadap Venna dilakukan untuk melengkapi berita acara pemeriksaan (BAP) sebagai pelapor dugaan kasus KDRT dengan tersangka Ferry Irawan.

Sementara itu, menanggapi permintaan pihak Ferry agar menunjukkan bukti visum hidungnya yang patah, Venna menyatakan akan menyerahkan seluruh bukti hasil visum kepada penyidik.

Ferry Irawan kini telah berstatus sebagai tersangka. Ia ditahan atas kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT).

Kaesang Ingin Terjun ke Dunia Politik, Jokowi dan Gibran Terkejut

Kaesang Ingin Terjun ke Dunia Politik, Jokowi dan Gibran Terkejut

Metro Hari Ini • 2 days ago

Ketertarikan Kaesang untuk terjun menggeluti dunia politik membuat Jokowi dan Gibran terkejut. Sebab, dalam beberapa kesempatan, Kaesang mengungkapkan tidak tertarik untuk masuk ke dunia politik.

Kaesang Pangarep yang lebih akrab dengan dunia bisnis kini mulai melirik dunia politik. Founder Sang Pisang sekaligus pemilik klub sepak bola Persis Solo itu tidak ragu menyampaikan keinginannya untuk terjun ke kencah politik di hadapan sang ayah, Presiden Joko Widodo.

Sebelumnya, Kaesang tidak pernah menyinggung soal politik saat bersama sang ayah. Niat Kaesang masuk politik itu diungkap oleh sang kakak, Gibran Rakabuming Raka.

Menurut Gibran, Kaesang mengungkapkan keinginannya masuk ke dunia politik saat makan bersama keluarga besar Jokowi di Solo, Jawa Tengah. Kaesang tiba-tiba menyatakan tertarik untuk terjun ke dunia politik.

Gibran mengaku kaget, begitu pula dengan sang ayah. Namun, tetap melanjutkan makan dan tidak membahasnya lagi.

"Saya juga bingung dan agak syok. Intinya, saya mendoakan yang terbaik untuk Kaesang," ujar Gibran Rakabuming Raka, Rabu (25/1/2023).

Berbeda dengan Presiden Jokowi dan Gibran yang mengaku kaget dengan keinginan Kaesang. Pakar komunikasi politik Hendry Satrio justru tidak terkejut dengan niat Kaesang tersebut.

Menurut Hendry, ada momentum, situasi, dan lingkungan yang membuat Kaesang tertarik untuk masuk ke dunia politik. Namun, Kaesang ingin jadi apa, dan apa tujuannya masuk politik itu masih dipertanyakan. 

Partai NasDem Jadi Tamu Pertama Sekber Gerindra-PKB

Partai NasDem Jadi Tamu Pertama Sekber Gerindra-PKB

Metro Hari Ini • 2 days ago

Partai NasDem menjadi partai pertama yang datang mengucapkan selamat atas terbentuknya Sekber Gerindra-PKB. Wakil Ketua Umum Partai NasDem Ahmad Ali menegaskan, Partainya akan tetap berkoalisi dengan Partai Demokrat dan PKS. 

Menurut Ahmad Ali, kedatangan pengurus NasDem ke Sekber Gerindra-PKB hanya untuk mengucapkan selamat. Ali membantah kedatangannya ke Sekber Gerindra-PKB karena komunikasi dengan Demokrat dan PKS tidak berjalan baik.

Ahmad Ali memohon doa agar Sekber bakal koalisi perubahan Partai NasDem, Demokrat, dan PKS segera terbentuk.

"Kita (NasDem, Demokrat, PKS) berjalan baik-baik saja, sedang dalam berkomunikasi, doakan juga seperti Gerindra dan PKB segera untuk membuat sekretariat bersama. Berpikir untuk mencari alternatif karena pembicaarn kami (Partai NasDem) dengan PKS dan Demokrat sudah sangat serius," ujar Ali saat berkunjung ke Sekber Gerindra-PKB, Kamis (26/1/2023). 

Serupa dengan DPR, Presiden Pertahankan Proporsional Terbuka

Serupa dengan DPR, Presiden Pertahankan Proporsional Terbuka

The Election Channel • 2 days ago

Serupa dengan DPR, Presiden berpandangan sistem proporsional terbuka sudah sesuai dengan konstitusi. Anggapan bahwa sistem proporsional terbuka mengkerdilkan Parpol dalam pemilihan legislatif tidak tepat.

"Proporsional terbuka tidak mengurangi hak partai politik dalam menentukan seleksi calon legislatif dan membuat daftar nomor urut calon legislatif," ucap Perwakilan Presiden, Bahtiar. 

7 Desa Terdampak Lumpur Lapindo di Sidoarjo Digabung

7 Desa Terdampak Lumpur Lapindo di Sidoarjo Digabung

Headline News • 2 days ago lumpur lapindo

Sebanyak tujuh desa terdampak semburan lumpur lapindo di Sidoarjo, Jawa Timur, akan digabung menjadi tiga desa yang tersebar di tiga kecamatan, yakni Kecamatan Porong, Tanggulangin dan Jabon.

Mendagri Tito Karnavian mengeluarkan peraturan sesuai keputusan Permendagri Nomor 58 Tahun 2021 soal penghapusan tujuh desa tersebut yang akan digabung dengan sejumlah desa lainnya. 

Di Kecamatan Tanggulangin, Desa Kedung Bendo dimerger dengan Desa Ketapang. Di Kecamatan Porong, Desa Mini dimerger dengan Desa Porong, Desa Renokenongo, Desa Siring dan Desa Jatirejo dimerger dengan Desa Gedang.

Sementara di Kecamatan Jabon, Desa Pejarakan dimerger dengan Desa Kedung Cangkring dan Desa Besuki dimerger dengan Desa Dukuhsari.

Hal tersebut dilakukan, agar warga yang desanya dihapus tetap bisa menggunakan hak suaranya di desa yang telah dimerger pada Pemilu 2024. 

PPKM Dicabut, Indonesia Masuk Masa Transisi & Pemulihan Ekonomi

PPKM Dicabut, Indonesia Masuk Masa Transisi & Pemulihan Ekonomi

Headline News • 2 days ago

Usai pencabutan Kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) pada akhir 2022, Indonesia memasuki masa transisi dan pemulihan ekonomi. 

"Setelah PPKM kita cabut di akhir 2022, masa ini adalah masa transisi dan kita tetap harus waspada dalam memutuskan kebijakan, terutama ekonomi," ujar Presiden Joko Widodo dalam rapat koordinasi nasional di Jakarta, Kamis (26/1/2023). 

Rapat tersebut membahas transisi penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional. Secara bersamaan, Jokowi mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah bersama-sama berjuang selama tiga tahun menghadapi pandemi Covid-19 yang merupakan tantangan terberat. 

Buntut Penangkapan Anton Gobay, Penyelundupan Senjata Ilegal ke Minahasa Digagalkan

Buntut Penangkapan Anton Gobay, Penyelundupan Senjata Ilegal ke Minahasa Digagalkan

Headline News • 2 days ago

Penangkapan pilot asal Papua bernama Anton Gobay membuka temuan kasus baru, yakni penyelundupan senjata api dari Filipina ke Minahasa Utara, Sulawesi Utara. Mabes Polri bekerja sama dengan kepolisian Filipina menggagalkan aksi penyelundupan ilegal tersebut. 

"Ini bukan yang pertama kali kita bekerja sama dengan Filipina. Ini yang kedua kali ditangkap dengan Filipina, termasuk kasus yang di Minahasa Utara," ujar Kadiv Hubungan Internasional Polri, Irjen Krishna Murti. 

Sebelumnya, polisi Filipina menangkap Anton Gobay yang hendak menyelundupkan 10 senjata api laras panjang dan dua pucuk senjata api laras pendek dari Filipina ke Papua melalui jalur laut.

Tim penyidik Mabes Polri langsung ke Filipina untuk menyelidiki kasus tersebut. Kini, Anton Gobay tengah menjalani proses hukum di Filipina. 

Richard Eliezer Minta Hukuman yang Pantas atas Kejujurannya

Richard Eliezer Minta Hukuman yang Pantas atas Kejujurannya

Metro Hari Ini • 2 days ago

Richard Eliezer, salah satu terdakwa pembunuhan Brigadir J meminta hukuman yang pantas atas kejujurannya. Hal itu disampaikan secara langsung saat membaca nota pembelaan di PN Jakarta Selatan, Rabu (25/1/2023).

Nota pembelaan berjudul 'Apakah Harga Kejujuran Harus Dibayar 12 Tahun Penjara?'. Nota pembelaan tersebut dibacakan Richard Eliezer di hadapan majelis hakim PN Jakarta Selatan. 

Nota pembelaan itu ditulis oleh Richard Eliezer di Rutan Bareskrim Polri setelah jaksa menuntutnya 12 tahun penjara karena terlibat dalam pembunuhan berencana Brigadir J. 

Menurut Eliezer, dirinya merasa telah diperalat dan dikorbankan oleh Ferdy Sambo untuk ikut menembak rekannya, Yosua Hutabarat. 

Sebelumnya, jaksa menuntut Richard Eliezer 12 tahun penjara. Jaksa menilai Richard Eliezer terlibat pembunuhan berencana dengan Ferdy Sambo. 

Beda Pandangan Sistem Pemilu, PKS Pertanyakan Posisi PDIP di Sidang MK

Beda Pandangan Sistem Pemilu, PKS Pertanyakan Posisi PDIP di Sidang MK

The Election Channel • 2 days ago

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sebagai pihak terkait dalam judicial review udang-undang pemilu, mempertanyakan posisi PDI Perjuangan yang berbeda pandangan dengan DPR saat memberikan keterangan mengenai sistem pemilu.

Menanggapi hal tersebut, Hakim Konstitusi Anwar Usman tak mempersoalkannya. Sebab, MK akan menjadikan perbedaan itu menjadi pertimbangan sebelum hakim konstitusi mengambil keputusan.

"Kesimpulannya. MK yang akan menilai. Bagi para pihak terkait silahkan punya penilaian sendiri atau berbeda," ucap Hakim Konstitusi Anwar Usman.

Ayah Brigadir J Sebut Putri Candrawathi Sebagai Sosok Munafik

Ayah Brigadir J Sebut Putri Candrawathi Sebagai Sosok Munafik

Metro Hari Ini • 2 days ago

Ayah Brigadir J, Samuel Hutabarat menyebut terdakwa Putri Candrawathi sebagai sosok yang munafik. Isi nota pembelaan memperlihatkan sikap egois dari Putri yang dinilai lebih mementingkan dirinya sendiri. 

"Apa yang dibacakan oleh Putri Candrawathi, saya mengambil kesimpulan bahwa pembelaan dia itu adalah sebuah kemunafikan dirinya sendiri," ujar Samuel Hutabarat.

Sementara itu, Putri Candrawathi kembali menegaskan bahwa ia mengalami kekerasan seksual, penganiayaan, dan pengancaman dari almarhum Yosua. Putri bahkan menyebut siap mempertanggungjawabkan kesaksiannya di hadapan Tuhan. 

"Saya tidak mengerti mengapa ini harus terjadi pada saya, tepat di hari pernikahan kami yang ke-22," ujar Putri Candrawathi sambil terisak saat membaca nota pembelaan di PN Jakarta Selatan, Rabu (25/1/2023).

Sebelumnya, Jaksa Penuntut Umum (JPU) menuntut Putri Candrawathi dengan hukuman delapan tahun penjara. Bahkan, pihak kuasa hukum Putri menyatakan bahwa kliennya telah menyampaikan nota pembelaan secara jujur dan tidak ditutup-tutupi. 

AHY Ajak NasDem dan PKS Bentuk Sekretariat Perubahan

AHY Ajak NasDem dan PKS Bentuk Sekretariat Perubahan

The Election Channel • 2 days ago

Ketum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengajak koalisi Partai NasDem dan PKS untuk membuat sekretariat perubahan sebagai bentuk keseriusan Koalisi Perubahan. Menurut AHY, ketiga partai memiliki pandangan yang sama bahwa capres yang akan mereka usung adalah Anies Baswedan. 

Hal tersebut disampaikan AHY melalui rilis tertulis. AHY menilai, dengan rentang waktu komunkasi kurang enam bulan, ketiga parpol harus sudah mengambil keputusan. AHY pun mengusulkan, agar ketiga ketua umum parpol dapat bertemu untuk membentuk sekretariat perubahan.
 
Sementara dalam kesempatan yang berbeda, Ketua DPP Demokrat Herman Khaeron mengungkapkan, hubungan partainya dengan NasDem dan PKS kian solid. Hal itu terlihat melalui tim kecil yang masih intens melakukan komunikasi.

Kunjungi Sekber Gerindra-PKB, Partai NasDem: Hanya Ucapkan Selamat

Kunjungi Sekber Gerindra-PKB, Partai NasDem: Hanya Ucapkan Selamat

The Election Channel • 2 days ago

Partai NasDem menjadi partai pertama yang berkunjung ke Sekretariat Bersama (Sekber) Partai Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Kamis (26/1/2023). Namun, kedatangan tersebut ditegaskan hanya untuk mengucapkan selamat atas terbentuknya sekber tersebut. 

Wakil Ketum Partai NasDem, Ahmad Ali membantah kedatangan tersebut bukan karena komunikasinya dengan koalisi Demokrat dan PKS tak berjalan baik. 

Ali menegaskan, Partai NasDem akan tetap berkoalisi dengan Partai Demokrat dan PKS. Ia pun memohon doa, agar Sekber bakal koalisinya segera terbentuk. 

Kemendagri: Proporsional Terbuka Sistem Terbaik dalam Pemilu

Kemendagri: Proporsional Terbuka Sistem Terbaik dalam Pemilu

Metro Hari Ini • 2 days ago

Dirjen Politik dan PUM Kemendagri Bahtiar yang mewakili Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menyatakan bahwa sistem proporsional terbuka merupakan mekanisme terbaik dalam penyelenggaraan Pemilu di Indonesia.

“Berdasarkan putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 22-24/PUU|VI/2008, sistem proporsional terbuka dianggap sebagai sistem terbaik dalam penyelenggara Pemilu, dengan one man, one vote, one value,” kata Bahtiar dalam Sidang Pleno Pengujian Materil Undang-Undang Pemilihan Umum di Mahkamah Konstitusi, Kamis (26/1/2023).

Bahtiar mengatakan, tahapan Pemilu 2024 sudah berjalan, sehingga jika ada perubahan yang sifatnya fundamental yang berpotensi menimbulkan gejolak sosial dan politik.

Ia menjelaskan dalam sistem proporsional tertutup, maupun sistem proporsional terbuka tetap partai politik yang menentukan seluruh daftar calon legislatif disetiap daerah pemilihan. Namun, dalam sistem proporsional tertutup calon legislatif tidak dicantumkan dalam surat suara. 

Bahtiar juga menjelaskan sistem proporsional terbuka ini membuat rakyat tidak kehilangan suaranya dan memungkinkan calon anggota legislatif itu dipilih langsung oleh masyarakat dan ditentukan dengan perolehan suara terbanyak.

Ini Alasan PDIP Pemilu 2024 Sebaiknya Tak Lagi Coblos Caleg

Ini Alasan PDIP Pemilu 2024 Sebaiknya Tak Lagi Coblos Caleg

The Election Channel • 2 days ago

Berbeda dengan sikap seluruh fraksi di DPR, PDI Perjuangan berkukuh agar sistem pemilu diubah menjadi proporsional tertutup.

PDIP berpendapat Parpol memiliki kewenangan untuk menentukan anggotanya yang akan bertarung dalam pesta demokrasi, sehingga sangat relevan jika parpol berhak untuk menentukan siapa yang akan menjadi anggota DPR atau DPRD.

"Sangat relevan apabila partai politik yang diberikan kewenangan untuk menentukan siapa saja calon anggota legislatif terbaik menurut versi penilaian dan portimbangannya sendiri," ucap Anggota Komisi III DPR RI dari Fraksi PDIP, Arteria Dahlan 

Jalur Antarkota di Tungkal Ilir Jambi Terendam Banjir Rob, Sejumlah Motor Mogok

Jalur Antarkota di Tungkal Ilir Jambi Terendam Banjir Rob, Sejumlah Motor Mogok

Headline News • 2 days ago

Banjir rob menggenangi jalur antarkota di Kecamatan Tungkal Ilir, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Provinsi Jambi. Sejumlah kendaraan mogok setelah nekat menerobos genangan air, Kamis (26/1/2023).

Menurut warga, banjir rob ini sudah sering terjadi sejak dua tahun terakhir. Ketinggian air mencapai 50 sentimeter, sehingga sangat mengganggu pengendara yang hendak melintas di jalur antarkota di kawasan tersebut.

Warga berharap, Pemda setempat segera meninggikan badan jalan, agar tidak mudah terendam saat terjadinya kembali banjir rob.

Rumah Eks Gubernur Banten Dilempar Sekarung Ular Kobra Jelang Kunjungan Anies

Rumah Eks Gubernur Banten Dilempar Sekarung Ular Kobra Jelang Kunjungan Anies

The Election Channel • 2 days ago

Mantan Gubernur Banten Wahidin Halim menjadi sorotan setelahh rumahnya dikirim sekarung ular kobra, Rabu (25/1/2023). Teror serangan ular kobran itu terjadi sebelum Wahidin menyambut kedatangan calon presiden dari Partai NasDem Anies Baswedan.
 
Melalui rekaman CCTV di rumah Wahidin, terlihat pelaku terdiri dari dua orang yang mengenakan sepeda motor. Mereka melemparkan karung berwarna hijau ke gerbang rumah  yang berada di Jalan Haji Djiran, Kelurahan Pinang, Tangerang, Banten.
  
Wahidin merasa teror ular kobra tersebut bagaian dari teror politik. Namun, mantan Gubernur Banten itu menegaskan bahwa dirinya tidak trauma apalagi gentar dengan kejadian yang menimpanya itu.

Teror ular itu tak mengganggu kedatangan Anies Baswedan untuk bersilaturahmi ke rumah Wahidin Halim. Menurut Anies, antusias warga Kota Tangerang sangat luar biasa menyambut dirinya.

Banjir Bandang Terjang Wisata di Kudus, Jembatan & 10 Gazebo Hanyut

Banjir Bandang Terjang Wisata di Kudus, Jembatan & 10 Gazebo Hanyut

Headline News • 2 days ago

Banjir bandang menerjang pusat wisata alam tepi sungai di Desa Rahtawu, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Akibatnya, jembatan dan 10 gazebo hanyut terbawa arus banjir. 

Lapak milik pedagang tersebut tiba-tiba hanyut dan membuat para pedagang tak sempat menyelematkan dagangannya. 

Meski peristiwa ini tidak menelan korban jiwa, namun banjir bandang membuat pedagang merugi hampir senilai Rp20 juta. 

DPR dan Pemerintah Tolak Sistem Proporsional Tertutup di Pemilu 2024

DPR dan Pemerintah Tolak Sistem Proporsional Tertutup di Pemilu 2024

Metro Hari Ini • 2 days ago

Anggota Komisi III DPR RI serta Fraksi Partai NasDem, Taufik Basari menilai berdasarkan penyampaian keterangan dihadapan sembilan hakim Mahkamah Konstitusi (MK), DPR dan Pemerintah sudah satu suara mengenai penerapan sistem proporsional terbuka di Pemilu 2024.

"Pada intinya, DPR tetap untuk mempertahankan sistem proporsional terbuka. Kita juga menyampaikan apresiasi pemerintah sudah sejalan dengan DPR yang menyatakan bahwa proporsional terbuka adalah sistem yang terbaik," ujar Anggota Komisi III DPR RI, Fraksi Partai NAsDem, Taufik Besari di Gedung Mahkamah Konstitusi, Kamis (26/1/2023).

Selain itu, ia menyampaikan bahwa, Komisi II DPR RI, Pemerintah, KPU, DKPP, Bawaslu, dan Kemendagri sepakat bahwa Pemilu akan berjalan dengan sistem proporsional terbuka. 

Taufik Basari mewakili DPR menyampaikan apresiasinya kepada pemerintah karena sudah sejalan dengan DPR untuk sepakat memilih Pemilu dengan sistem proporsional terbuka.

"Mengenai dengan apa yang disampaikan oleh pemerintah, kita juga menyampaikan apresiasi kepada pemerintah karena sudah sejalan dengan DPR yang menyatakan bahwa proporsional terbuka adalah sistem yang terbaik," ujarnya.

DPR: Proporsional Terbuka Sudah Jadi Sistem Terbaik untuk Diterapkan di Indonesia

DPR: Proporsional Terbuka Sudah Jadi Sistem Terbaik untuk Diterapkan di Indonesia

The Election Channel • 2 days ago

DPR yang diwakili oleh Komisi III menilai bahwa sistem proporsional terbuka sudah menjadi sistem terbaik untuk diterapkan di Indonesia, bukan hanya untuk pemilih melainkan juga partai politik dan para calon legislatif.

Hal itu disampaikan DPR saat memberikan pandangan dalam sidang di Mahkamah Konstitusi (MK). Anggota Komisi III yang membacakan pandangan DPR, Supriansa, menilai bahwa penerapan sistem proporsional tertutup di mana caleg yang berhak duduk di lembaga legislatif dipilihkan oleh partai politik justru dapat merusak internal partai politik itu sendiri.

DPR menganggap bahwa partai politik telah diberikan peran yang cukup vital, meskipun dalam sistem proporsional terbuka pemilih dapat mencoblos nama caleg dan caleg yang berhak duduk di kursi dewan adalah mereka yang memperoleh suara terbanyak, bukan atas instruksi partai politik.

Pemerintah Tegaskan Produktivitas Beras Surplus

Pemerintah Tegaskan Produktivitas Beras Surplus

Metro Bisnis • 2 days ago

Pemerintah memastikan produktivitas beras nasional surplus dan cukup memenuhi kebutuhan pangan nasional. Bahkan Kementerian Pertanian siap mengekspor beras ke Arab Saudi dan Uni Emirat Arab, jika diperlukan. Untuk itu Wakil presiden maruf amin menginstruksikan jajarannya untuk mendalami dugaan adanya mafia beras di bulog.

Hal itu disampaikan Ma'ruf usai membuka rapat kerja nasional pembangunan pertanian 2023 di Jakarta, Rabu (25/1/2023) namun Ma'ruf belum mendapatkan laporan kenaikan harga beras akibat tindakan mafia. Ia menyebut kenaikan harga beras belakangan ini dampak dari krisis pangan global.

Menteri pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan, sektor pertanian memberikan kontribusi besar dalam menjaga ketahanan pangan, melalui capaian produksi pertanian Indonesia. Ini juga sebagai salah satu upaya pemerintah mengendalikan inflasi. Mengenai produktivitas beras, Syahrul menegaskan, produktivitas beras nasional mengacu pada data badan statistik nasional, surplus. Bahkan pemerintah sanggup memenuhi permintaan ekspor beras ke Arab Saudi dan Uni Emirat Arab, jika diperlukan.

Ini 2 Sosok 'Kuda Hitam' Kandidat Cawapres Pemilu 2024

Ini 2 Sosok 'Kuda Hitam' Kandidat Cawapres Pemilu 2024

The Election Channel • 2 days ago

Tak hanya kandidat capres yang menarik perhatian masyarakat, kandidat cawapres pun menarik perhatian dari masyarakat. Ada dua nama yang digadang-gadang menjadi 'kuda hitam' dalam cawapres Pemilu 2024 mendatang, yakni Andika Perkasa dan Erick Thohir.

Setahun jelang Pemilu 2024, bisa menjadi panggung politik bagi Andika Perkasa. Namun, Andika masih belum menentukan langkah, akan terjun ke dunia politik atau tidak. Andika mengaku baru akan mengambil keputusan pada awal 2023. 

Nama Andika kerap kali mencuat dalam survei elektabilitas yang dilakukan sejumlah lembaga survei. Bahkan, ia sempat masuk sebagai satu dari tiga tokoh pilihan Partai NasDem sebagai kandidat calon presiden.

Kendati, elektabilitas dari Andika sebagai cawapres belum begitu melejit. Andika sering disandingkan untuk menjadi pendamping Anies Baswedan.

Sementara itu, Erick Thohir juga terlihat aktif di media sosial. Ia kerap membagikan kegiatan blusukan-nya saat bertugas sebagai menteri BUMN.

Menurut beberapa lembaga survei di bursa cawapres, elektabilitas Erick Thohir terbilang cukup bagus. Namanya melesat dan menguasai peta persaingan suara di Jawa Tengah.

Kehadiran kedua tokoh ini di bursa cawapres cukup mencuri perhatian. Pasalnya, keduanya bukan dari partai politik manapun. 

Sempat Bertarung, Prabowo dan Jokowi Kini Saling Dukung

Sempat Bertarung, Prabowo dan Jokowi Kini Saling Dukung

The Election Channel • 2 days ago

Hubungan Presiden Jokowi dengan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto kian dekat. Kedua tokoh yang sempat bertarung sengit di Pilpres 2014 dan 2019 itu, kini sama-sama saling mendukung.

Prabowo mendukung putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka untuk maju sebagai calon gubernur. Sedangkan, Jokowi mendukung Prabowo untuk maju sebagai Capres di Pemilu 2024. Dukungan tersebut disampaikan langsung saat Prabowo bertemu Gibran di Solo, Jawa Tengah.

Menurut Prabowo, Gibran memiliki komitmen yang tinggi untuk mengabdi kepada masyarakat. Prabowo juga membebaskan Gibran untuk menentukan provinsi mana yang akan menjadi ladang perjuangan di Pilkada 2024.
 
Gibran menyambut baik dukungan yang disampaikan oleh Prabowo. Dalam pertemuan empat mata yang dilakukan di Loji Gandrung, Solo, Gibran juga sempat meminta pertimbangan kepada Prabowo soal maju di Pilgub DKI atau Jawa Tengah.
 
Keakraban Prabowo dan keluarga Jokowi, yang terus dipamerkan akhir-akhir ini ditangkap oleh publik. Hal tersebut dilakukan sebagai isyarat politik Prabowo untuk mendapat dukungan Jokowi di Pilpres 2024. 

IHSG Ditutup Menguat 0,5% di Level 6.846

IHSG Ditutup Menguat 0,5% di Level 6.846

Metro Bisnis • 2 days ago

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup menguat 0,5% di level 6.846 pada perdagangan Kamis (26/1/2023).

Penguatan IHSG disebabkan oleh penguatan sektor transportasi hingga 3% karena adanya prospek mobilitas masyarakat yang lebih tinggi di 2023. Tidak hanya itu, sektor di jasa keuangan juga memimpin penguatan mencapai 1,5%.

Nilai tukar rupiah bergerak fluktuatif, berhasil menguat tipis 0,09% ke level Rp14.951 per dolar AS.

Kemenkeu Bersama Kementerian PUPR Bentuk Ekosistem Pembiayaan Perumahan

Kemenkeu Bersama Kementerian PUPR Bentuk Ekosistem Pembiayaan Perumahan

Metro Bisnis • 2 days ago

Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Kementerian Keuangan membentuk ekosistem pembiayaan perumahan, sebagai upaya mencari solusi atas masalah pemenuhan kebutuhan rumah masyarakat. Penyediaan perumahan saat ini dihadapkan pada tantangan besar dalam menyelesaikan kekurangan 12,71 juta atau backlog rumah.

Kementerian PUPR dan Kementerian Keuangan, bersama dengan PT Sarana Multigriya Finansial Persero (SMF) Bank Tabungan Negara (BTN) Perumnas, serta BP Tapera menandatangani nota kesepahaman, memorandum of understanding (MOU) pembentukan sekretariat ekosistem pembiayaan perumahan. Ekosistem pembiayaan perumahan dibentuk untuk dapat mencari solusi atas masalah pemenuhan kebutuhan rumah masyarakat.

Saat ini, pemenuhan kebutuhan rumah dihadapkan pada tantangan besar untuk menyelesaikan 12,71 juta backlog rumah tangga.
Dalam waktu dekat, Sekretariat Ekosistem Pembiayaan Perumahan akan mencari solusi pemenuhan kebutuhan rumah subsidi yang tidak mahal dan diarahkan ke perkotaan dan merumuskan pembiayaan, agar bisa diakses dengan mudah termasuk pekerja informal.

Untuk pemenuhan kebutuhan pekerja informal, Komisaris BP Tapera Adi Setianto mengatakan, nantinya BP Tapera akan mengajak para pekerja di sektor informal untuk menabung. Selama ini, pekerja informal sulit mendapatkan akses ke perbankan karena pendapatannya rata-rata per hari dan per minggu.