NEWSTICKER

NEWS

Kejagung: Berkas Perkara Ferdy Sambo Lengkap

Kejagung: Berkas Perkara Ferdy Sambo Lengkap

Breaking News • 49 minutes ago

Metrotvnews.com: Kejaksaan Agung menyatakan berkas perkara kasus pembunuhan berencana Brigadir J dengan tersangka Ferdy Sambo lengkap. P21. Kasus Ferdy Sambo dan empat tersangka lain segera maju ke persidangan. 

"Persyaratan formal dan materiel terpenuhi sebagaimana ditentukan dalam KUHP Pasal 138 dan Pasal 139," kata Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum (Fadil Zumhana di Kantor Kejagung RI, Jalan Sultan Hasanuddin, Jakarta, Rabu, 28 September 2022.

Fadil Zumhana menyebutkan pemeriksaan berkas Ferdy Sambo dan empat tersangka lainnya lancar. Dia memastikan berkas perkara akan dilimpahkan ke pengadilan pekan depan.

Keputusan Kapolri Bubarkan Satgassus Merah Putih

Keputusan Kapolri Bubarkan Satgassus Merah Putih

Kick Andy • 2 hours ago

Alasan Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo membubarkan Satgas Merah Putih adalah karena memperhatikan aspirasi publik dan adanya kekhawatiran terhadap personel di satgas tersebut. Selain itu, karena Ferdy Sambo adalah mantan Satgas Merah Putih.

Jenderal Listyo Sigit menyebut, Satuan Kerja Pemerintah (Satker) Polda dan Mabes Polri tentunya memiliki kemampuan untuk menyelesaikan tugas-tugas yang ada dan oleh karena itu tidak dibutuhkan lagi Satgas Merah Putih. 

Kapolri Akui Cukup Dekat dengan Sambo Sebagai Pejabat Utama Mabes

Kapolri Akui Cukup Dekat dengan Sambo Sebagai Pejabat Utama Mabes

Kick Andy • 2 hours ago

Kapolri Jendral, Listyo Sigit Prabowo mengaku cukup dekat dengan Ferdy Sambo selaku pejabat hukum utama yang ada di Mabes. Karena tugas Ferdy sebagai Kadiv Propam yang salah satunya melaksanakan tugas untuk pengamanan dan pengawalan internal. Jadi dalam setiap kegiatan, Ferdy lebih banyak bersama Sigit dibandingkan pejabat utama lainnya.

Terkait kasus Ferdy, hal-hal yang sifatnya harus ditindak tegas, Jendral Listyo Sigit tidak pandang bulu dan tentu hal tersebut harus ditegakan. Jendral Listyo Sigit tidak ragu-ragu untuk menindak tegas Ferdy Sambo. 

Ini Pipa Gas Alam di Laut Baltik yang Bocor

Ini Pipa Gas Alam di Laut Baltik yang Bocor

Newsline • 2 hours ago

Rekaman yang dirilis oleh penjaga Pantai Swedia menjukkan gangguan di air terkait dengan kebocoran besar di dua pipa gas alam yang mengalir di bawah Laut Baltik, Rabu (28/9/2022). Para pemimpin dan pakar Eropa menunjukan kemungkinan sabotase di tengah kebuntuan energi dengan Rusia yang dipicu oleh perang di Ukraina. 

Ledakan pertama tercatat pada Senin (26/9/2022) di tenggara Pulau Bornholm, Denmark. Kemudian disusul ledakan kedua yang lebih kuat di timur laut pulau dengan kekuatan setara dengan gempa magnitudo 2,3. Stasiun seismik di Denmark, Norwegia dan Finlandia mencatat, pipa gas alam ini terhubung dari Rusia hingga Jerman. 

Insiden ini dikhawatirkan akan menghambat peresmian pipa yang telah lama ditunggu-tunggu yang akan membawa gas Norwegia ke Polandia. Hal itu untuk meningkatkan kemandirian energi benua tersebut dari Rusia. 

Topan Super Noru Terjang Pantai Vietnam

Topan Super Noru Terjang Pantai Vietnam

Newsline • 2 hours ago

Topan super noru mendarat di Pantai Vietnam dari Kota Da Nang ke Provinsi Quang Nam, Rabu (28/9/2022). Topan tersebut membawa hujan lebat dan angin kencang. 

Pusat Prediksi Hidrometeorologi Nasional Vietnam mengatakan, topan noru adalah badai ke-16 dari musim topan pasifik 2022. Noru akan bergerak ke barat dengan angin yang diperkirakan akan berangsur-angsur berkurang hingga ke bagian selatan Laos. 

Sementara itu, menurut Kelompok Kerja Pencegahan dan Bantuan Bencana Alam Vietnam, ada 10 orang yang dilaporkan terluka setelah rumah-rumah runtuh di Vietnam Tengah. Sedangkan, dari wilayah Quang Tri hingga Provinsi Binh Dinh terdapat 253 ribu orang telah dievakuasi ke tempat yang aman. 

Kronologi 8 Pendaki Pemula Tersesat di Gunung Soputan

Kronologi 8 Pendaki Pemula Tersesat di Gunung Soputan

Newsline • 2 hours ago

Sebanyak tujuh pendaki dan seorang balita tersesat di Gunung Soputan yang berada di Kabupaten Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara. Kejadian ini diterima oleh Basarnas Manado, Minggu (25/9/2022). 

Kepala Basarnas Manado Monce Brury menjelaskan, delapan pendaki termasuk balita melakukan pendakian di Gunung Soputan dari jalur Desa Tumaratas, Minggu (25/9/2022). Tidak berselang lama, pihaknya menerima laporan bahwa ada rombongan tersesat di di Gunung Soputan. Tim Basarnas kemudian bergerak untuk memulai pencarian. 

Setelah melakukan penyisiran, tim Basarnas akhirnya menemukan kedelapan pendaki termasuk balita yang sedang mengalami gejala hipotermia. Saat dievakuasi, kondisi balita mengalami kedinginan dan balita tersebut tidak memakai jaket khusus mendaki gunung. 

Pihak Basarnas Manado mengimbau pada pendaki yang hendak bermalam di pegunungan untuk mempersiapkan diri sebaik-baiknya. Pendaki diminta melaporkan aktivitasnya di pos-pos pendakian atau polsek setempat agar dapat diketahui oleh aparat dan petugas pos pendakian.

Kendalikan Inflasi Daerah, Pemprov Kalimantan Tengah Gelar Pasar Murah

Kendalikan Inflasi Daerah, Pemprov Kalimantan Tengah Gelar Pasar Murah

Metro Siang • 2 hours ago

Berbagai upaya telah dilakukan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah guna menghadapi inflasi daerah, seperti menggelar pasar murah dan pasar penyeimbang. Langkah ini dilakukan guna menjaga stabilitas harga pangan agar daya beli masyarakat tetap tercapai.

Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, sangat serius dalam gerakan pengendalian inflasi daerah. Gubernur Kalimantan Tengah, H Sugianto Sabran dan Wagub H Eddi Pratowo, Minggu (25/9/2022), meninjau langsung pelakasanaan pasar murah dan pasar penyeimbang di Kabupaten Kota Waringin Timur. 

Kegiatan tersebut dilakasanakan pada dua titik, yaitu Kecamatan Baamang dan Mentaya Sebrang. Langkah tersebut merupakan upaya jangka pendek dalam pengendalian inflasi untuk menjaga daya beli masyarakat tetap stabil.

Sebanyak 2500 paket sembako bersubsidi disediakan untuk masyarakat yang disambut antusias warga. Gubernur Kalimantan Tengah secara pribadi membeli semua paket sembako tersebut dan membagikan ke masyarakat secara gratis.

Mentan SYL Pimpin Langsung Sidang AMM G20

Mentan SYL Pimpin Langsung Sidang AMM G20

Newsline • 2 hours ago

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo memimpin langsung sidang Agriculture Ministers Meeting 2022 (AMM G20) di Hotel InterContinental Jimbaran Bali, Rabu (28/9/2022). Dalam pembukaan AMM G20, Syahrul menegaskan tantangan global saat ini menuntut negara-negara di dunia untuk mengambil tindakan segera dalam jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang. 

Mentan menegaskan bahwa persoalan pangan adalah persoalan human rights. Oleh karena itu, kehadiran seluruh delegasi ini menunjukkan komitmen untuk mengatasi ancaman krisis pangan global dan dukungan penuh kepada Presidensi G20 Indonesia. 

"Pangan itu adalah human rights, pangan itu menjadi bagian untuk mewujudkan rasa adil kita," kata Mentan Syahrul Yasin Limpo, Bali, Rabu (28/9/2022).

Sidang AMM G20 Indonesia membahas tiga isu prioritas. Pertama, mempromosikan sistem pertanian dan pangan yang tangguh dan berkelanjutan. Kedua, mempromosikan perdagangan pertanian yang terbuka, adil, dapat diprediksi, transparan dan nondiskriminatif untuk memastikan ketersediaan dan keterjangkauan pangan untuk semua. Ketiga, kewirausahaan pertanian inovatif melalui pertanian digital untuk meningkatkan penghidupan petani di pedesaan. 

AMM G20 Indonesia dihadiri oleh 177 delegasi asing. Sebanyak 148 delegasi hadir secara fisik di antaranya Rwanda, Kamboja, Kanada, Korea Selatan, Fiji, India, Arab Saudi, Singapura, Turki, dan Uni Eminat Arab. Sisanya hadir secara virtual. 

Urgensi Reformasi Hukum Indonesia

Urgensi Reformasi Hukum Indonesia

Metro Siang • 2 hours ago

Banyaknya permasalahan hukum di Indonesia belum mencerminkan Indonesia sebagai negara hukum yang membuat Presiden Jokowi geram dan menyebutkan Indonesia urgensi reformasi hukum. Hal ini menjadikan alasan untuk Indonesia mereformasi proses hukum yang ada.

pertama kasus hukum yang menyeret penegak hukum di Indonesia semakin banyak. Data yang tersebar adalah hakim agung ditangkap KPK. Kedua, Hadirnya mafia hukum dari lembaga peradilan di Indonesia yang semakin banyak. Kasus sudah diungkap beberapa kali oleh KPK.

Ketiga, peran pengawasan yang rendah, karena masih terjadi pertimpangan peradilan di Indonesia. Keempat, Instrumen hukum tumpang tindih dan inkonsisten. Dapat dilihat pada Undang-Undang dan Pasal-Pasal karet.

Kelima, lembaga penegak hukum belum sepenuhnya punya integritas. Hal ini yang ingin diperbaiki oleh Presiden Joko Widodo. Terakhir, rendahnya budaya hukum di masyarakat dan penyelenggara negara karena masih ada korupsi baik perseorangan, instansi atau lembaga peradilan yang ada di Indonesia. 
 

Rombongan Pendaki Bawa Balita Tersesat di Gunung Soputan Berhasil Dievakuasi

Rombongan Pendaki Bawa Balita Tersesat di Gunung Soputan Berhasil Dievakuasi

Newsline • 3 hours ago

Tim SAR mengevakuasi delapan pendaki termasuk balita yang tersesat di Gunung Soputan, Rabu (28/9/2022). Mereka ditemukan sedang beristirahat di pinggir jalan. Namun, ada balita yang memiliki gejala hipotermia, tim SAR gabungan langsung mengevakuasi korban menggunakan sepeda motor untuk dibawa turun. 

Sebelumnya, pihak Basarnas Manado menerima informasi ada delapan pendaki yang tersesat saat turun dari Gunung Soputan melalui jalur Tumaratas, Minggu (25/9/2022). Basarnas menerjunkan satu tim yang dibantu kelompok pelestarian sumber daya alam (KPSDA) Desa Tumaratas untuk melakukan pencarian. 

Pihak Basarnas Manado mengimbau pada masyarakat yang hendak mendaki atau bermalam di pegunungan untuk mempersiapkan diri sebaik-baiknya. Pendaki diminta untuk melaporkan aktivitasnya di pos-pos pendakian atau polsek setempat agar dapat diketahui oleh aparat dan petugas pos pendakian. 

Aksi Emak-Emak Bubarkan Pelajar Hendak Tawuran Viral di Medsos

Aksi Emak-Emak Bubarkan Pelajar Hendak Tawuran Viral di Medsos

Newsline • 3 hours ago

Aksi emak-emak membubarkan puluhan pelajar yang diduga hendak melakukan aksi tawuran viral di media sosial. Peristiwa itu terjadi di Jalan Supomo, Menteng Dalam, Tebet, Jakarta Selatan.

Terlihat dalam video amatir seorang emak-emak memegang gagang sapu dan meminta kepada puluhan pelajar yang berkumpul untuk membubarkan diri. Dirinya terus berjalan menyisir sejumlah lokasi yang menjadi tempat berkumpulnya pelajar.

Seketika nyali puluhan pelajar langsung ciut. Pelajar tersebut perlahan berjalan menjauh dan membubarkan diri dari lokasi mereka berkumpul. 

Aksi Pelecehan Seksual di KRL Terjadi Lagi

Aksi Pelecehan Seksual di KRL Terjadi Lagi

Metro Siang • 3 hours ago

Aksi pelecehan seksual terjadi lagi di moda transportasi KRL. Pelaku mengintai korban selama dua hari sebelum dan melancarkan aksi bejatnya dalam KRL yang ditumpangi dari Stasiun Depok Baru.

"Pelaku telah ditangkap. Pelaku mengaku tertarik kepada korban dan mengikutinya hingga dua hari," ungkap Kasatreskrim Polres Metro Depok, AKBP Yogen Heroes Baruno.

Korban yang merasa curiga dengan perilaku tersangka langsung melapor ke petugas keamanan KRL dan pelaku digelandang ke Polres Metro Depok. Atas perbuatannya, pelaku terancam hukuman lima tahun penjara.

Banjir Setinggi 2 Meter di Pangandaran, Ratusan Warga Terisolasi

Banjir Setinggi 2 Meter di Pangandaran, Ratusan Warga Terisolasi

Headline News • 3 hours ago

Ratusan warga di Desa Bunisari, Pangandaran, Jawa Barat terisolasi akibat akses jalan yang terendam banjir setinggi dua meter. 

Dinas Sosial Jawa Barat menyalurkan bantuan bagi 152 kepala keluarga terisolasi, berupa perahu karet, makanan dan alat kebersihan. Beberapa warga membuat rakit dari bambu untuk beraktivitas, sedangkan warga lainnya memilih untuk mengungsi.

Sementara itu, Taruna Siaga Bencana (Tagana) Pangandaran telah menyiagakan 50 personel di lokasi, jika ada warga yang ingin dievakuasi. 

Ahmad Sahroni Apresiasi Jokowi Soal Reformasi Hukum Pengawasan Hakim MA

Ahmad Sahroni Apresiasi Jokowi Soal Reformasi Hukum Pengawasan Hakim MA

Metro Siang • 3 hours ago

Anggota Komisi III DPR RI, Ahmad Sahroni mengapresiasi langkah Presiden Joko Widodo yang memerintahkan Menko Polhukam, Mahfud MD untuk melakukan reformasi sistem kehakiman Indonesia. Ia menambahkan, pengawasan ini ada baiknya dilakukan oleh KPK langsung karena menghindari terjadinya kembali hal-hal terkait penegakan hukum di Mahkaman Agung.

"Saya menyarankan untuk pengawasan penuh dilakukan oleh KPK langsung, karena untuk mencegah terulang kembali hal-hal terkait penegakan hukum di Mahkamah Agung," ujar Ahmad Sahroni.

Sebelumnya, ditetapkannya hakim mahkaman agung dalam dugaan kasus korupsi oleh komisi pemberantasan korupsi (KPK) menggambarkan sistem peradilan yang buruk di Imdonesia. 

Tolak Wajib Militer, Ribuan Orang Tinggalkan Rusia

Tolak Wajib Militer, Ribuan Orang Tinggalkan Rusia

Metro Siang • 3 hours ago

Puluhan ribu orang telah meninggalkan Rusia ke negara-negara tetangga. Mereka menghindari kemungkinan dikenakan wajib militer sebagai bagian upaya Rusia memenangkan perang melawan Ukraina.

Kementerian Dalam Negeri Georgia mencatat bahwa dalam sepekan terakhir sedikitnya 53 ribu orang masuk ke wilayah Georgia melalui perbatasan darat di Larsi. Tidak sedikit yang datang melalui jalur udara

Gelombang eksodus daru Rusia mulai terjadi sejak Presiden Vladimir Putin mengumumkan mobilisasi pasukan cadangan untuk dikirim ke medan perang di Ukraina. Pengumumkan itu memunculkan kekhawatiran warga yang menolak berperang melawan Ukraina. 

Seorang Pria Tembakkan 'Pistol' di Mal Palembang

Seorang Pria Tembakkan 'Pistol' di Mal Palembang

Newsline • 3 hours ago

Aksi koboy yang dilakukan seorang pria dengan menembakan pistol air softgun di sebuah pusat perbelanjaan di Palembang. Aksinya berawal dari kejengkelannya terhadap hasil perbaikan terhadao telepon selularnya. 

Video amatir warga memperlihatkan pria yang merupakan warga asal Kabupaten Ogan Komering Ilir itu mengamuk dan sempat menganiaya pemilik konter ponsel. Ia juga sempat menembakan senjata jenis air soft gun dan membuat pengunjung mal panik. Pelaku berhasil diamankan petugas mal dan diserahkan ke Polsek Ilir Timur 1 Palembang. 

Menurut pelaku ia kesal karena menurutnya beberapa bagian ponsel diganti oleh pemilik konter ponsel tanpa persetujuan. Atas perbuatanya itu pelaku ditahan dan diancam pasal 351 KUHP dengan ancaman kurungan 3 tahun penjara. 

Akses Jalan Sulit, Pencarian Korban Longsor di Kotabaru Dilakukan Manual

Akses Jalan Sulit, Pencarian Korban Longsor di Kotabaru Dilakukan Manual

Metro Siang • 3 hours ago

Pencarian terhadap lima korban hilang akibat tertimbun longsor di Kotabaru, Sulawesi Selatan, Rabu (28/9/2022) masih terus dilakukan dengan cara manual. Hal ini dilakukan karena kondisi akses jalan yang sulit untuk dimasuki oleh alat berat.

Warga yang terdampak sudah diamankan menuju lokasi yang lebih aman dan korban yang mengalami luka-luka sudah dievakuasi menuju Puskesmas terdekat. Tim pencarian mencoba naik membangun posko pengungsian, tetapi karna situasi medan yang sulit menjadi terkendala.

Pembakar Pencuri Telepon Seluler Diancam 15 Tahun Penjara

Pembakar Pencuri Telepon Seluler Diancam 15 Tahun Penjara

Newsline • 3 hours ago

Metrotvnews.com: Tersangka pembakar pencuri telepon seluler di Lubuk Tapi, Kecamatan Ulu Manna, Bengkulu, terjerat pasal berlapis. Ancaman hukumannya 15 tahun penjara.

Semula diduga tersangka mengalami gangguan jiwa. Setelah diperiksa ternyata mental tersangka baik. Dia dijerat pasal tentang penganiayaan dan percobaan pembunuhan. Juga pasal tentang perlindungan anak.

Di lain sisi, kondisi PBH, bocah yang dibakar karena dituduh mencuri telepon seluler, membaik. PBH kini dirawat di RSUD Bengkulu Selatan. Dia menderita luka bakar 26 persen di leher, dada, dan punggung.

Derita mengampiri PBH, Sabtu, 24 September 2022. Dia oleh tersangka dituduh mencuri telepon genggam. PBH diikat di pohon durian. Disiram bensin lalu dibakar.

PBH berhasil melepaskan diri. Lari. PBH diantar orangtuanya lalu melaporkan kasus ini ke kepolisian setempat.

Jajak Pendapat Pilpres Brazil: Capres Lula Unggul 50%

Jajak Pendapat Pilpres Brazil: Capres Lula Unggul 50%

Metro Siang • 3 hours ago

Jelang pemilihan presiden awal Oktober mendatang, calon presiden Luiz Inacio Da Silva unggul dalam jejak pendapat. Capres yang dikenal dengan nama Lula ini diperkirakan mengalahkan presiden petahana Jair Bolsonaro.

Calon Presiden Luiz Inacio Da Silva dalam waktu dekat diprediksi akan kembali memangku jabatan presiden yang sebelumnya pernah dijabat pada 2003 hingga 2010 lalu.

Secara konsisten Luiz Inacio Da Silva memimpin jejak pendapat dan popularitasnya semakin mendekati 50 persen batas ambang suara yang dibutuhkan untuk memenangkan pemilihan tanpa putaran kedua.

Lula dipenjara pada 2017 karena diduga menerima suap dari kontraktor dalam hal properti yang dimilikinya. Kehadiran Lula sebagai capres menjadi harapan banyak warga Brasil karena dimasa kepemimpinannya dulu Lula berhasil memperluas kesejahteraan sosial dan mengakat puluhan juta warga keluar dari kemiskinan.

Unik, Fashion Show 'Sampah' Meriahkan Festival Bank Sampah di Ciamis

Unik, Fashion Show 'Sampah' Meriahkan Festival Bank Sampah di Ciamis

Metro Siang • 4 hours ago

Festival Bank Sampah di Ciamis pada 10-25 September 2022, adalah bagian peringatan World Cleanup Day (WCD) 2022. Uniknya, ada fashion show busana terbuat dari sampah non-organik turut meriahkan penutupan festival tersebut.

Pemerintah Kabupaten Ciamis menyatakan Festival Bank Sampah ini dapat mengurangi sebanyak 30% volume sampah setiap harinya. Selain itu, sebanyak 258 Bank Sampah yang tersebar di 27 kecamatan ini juga mampu meningkatkan perekonomian masyarakat setempat. 

Tak hanya pagelaran fashion show, Festival Bank Sampah juga menghadirkan 20 stand yang memperlihatkan produk kerajinan dari olahan makanan dan sampah. 

Ajak KPK, Gubernur Ganjar Pimpin Rakor Pencegahan Korupsi

Ajak KPK, Gubernur Ganjar Pimpin Rakor Pencegahan Korupsi

Metro Siang • 4 hours ago

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo bertekad mencegah tindakan korupsi di kalangan pejabat. Rapat koordinasi pemberantasan tindak pidana korupsi digelar di Kantor Gubernur Jawa Tengah sebagai upaya mewujudkan Pemerintah Derah yang profesional, transparan, akuntable, dan bebas korupsi di wilayah Pemprov Jateng pada Selasa, (27/9/2022).

Maka dari itu, Ganjar mengumpulkan Bupati, Walikota hingga Ketua DPRD se-Jawa Tengah dengan menggandeng KPK untuk mendapatkan bimbingan agar tidak melakukan tindakan korupsi. 

Ganjar mengatakan, saat ini banyak pejabat yang terkena OTT dengan kasus suap atau jual beli jabatan. Selain KPK, Ganjar juga menggandeng Inspektorat, Mendagri serta Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan untuk bersama membantu secara aktif mencegah korupsi yang ada di Jateng.

Sementara itu, Wakil kKetua KPK, Nurul Ghufron mengatakan upaya Ganjar dalam mencegah korupsi merupakan bentuk komitmen dari tagline "Boten Korupsi, Boten Ngapusi." Pihaknya berharap, hal itu bisa terimplementasikan di wilayah Jateng. 

Ijtima Ulama NTB Dukung Ganjar Pranowo Presiden 2024

Ijtima Ulama NTB Dukung Ganjar Pranowo Presiden 2024

Metro Siang • 4 hours ago

Dukungan bagi Ganjar Pranowo untuk maju dalam Pilpres 2024 mendatang, terus mengalir. Ratusan ulama Nusa Tenggara Barat memberikan restu dan dukungan untuk Ganjar Pranowo sebagai calon Presiden.

Ratusan ulama, kiai hingga cendikiawan muslim di NTB memberikan dukungan untuk Ganjar Pranowo maju sebagai calon Presiden. Meskipun tidak dapat hadir secara langsung karena sakit, ulama kharismatik dan sepuh, Tuan Guru Lalu Muhammad Turmudzi Badaruddin sekaligus pimpinan Pondok Pesantren Komarul Huda memberi doa dan medukung Ganjar Pranowo sebagai calon Presiden.

Cendikiawan Muslim Lombok Barat, Dr. Tuan Guru Junaidin mengatakan, para ulama, habib hingga cendikiawan muslim NTB sudah mendeklarasikan Ganjar untuk menjadi Presiden pada 2024 mendatang.

Bertahun-tahun Kontruksinya Miring, Rumah Warga di Sumut Nyaris Ambruk

Bertahun-tahun Kontruksinya Miring, Rumah Warga di Sumut Nyaris Ambruk

Metro Siang • 4 hours ago

Rumah warga Cimpedak, Lobang Kec. Serang, Kab. Serdang Bedagai, Sumut yaitu Syahrul Akmal miring. Akibat tidak ada biaya Syahrul bisa pasrah melihat kondiri rumah yang nyaris ambruk. Syahrul berharap ada perhatian dan solusi dari pemerintah setempat agar rumahnya segera diperbaiki.

Kondisi konstruksi bangunan rumah Syahrul miring. Selain itu, sebagian atap rumah banyak yang berlubang serta di bagian dinding disokong menggunakan kayu seadanya.

Setiap musim hujan, Syahrul dan keluarga yang tinggal dirumah tersebut selalu khawatir rumahnya rubuh. Apalagi jika hujan disertai angin. 

Hingga saat ini baru ada pemerintah Desa Cimpedak Lobang yang datang menawarkan perbaikan rumah. Namun, belum bisa terlaksana karena terkendala surat tanah yang dikuasai adik kandungnya.

Menurutnya, rumah tersebut merupakan warisan almarhum orang tuanya yang dibangun pada 1950, belum pernah diperbaiki karena tidak ada biaya. 

AMM G20 Bahas Tiga Isu Utama Sistem Pertanian dan Pangan

AMM G20 Bahas Tiga Isu Utama Sistem Pertanian dan Pangan

Metro Siang • 4 hours ago

Agriculture Minister Meeting (AMM) G20 Indonesia yang berlangsung di InterContinental Jimbaran, Bali, membahas tiga isu utama mengenai sistem pertanian dan pangan.

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo mengatakan bahwa isi tiga hal tersebut adalah mempromosikan sistem pertanian, serta pangan yang tangguh dan berkelanjutan. Lalu, mempromosikan perdagangan pertanian yang terbuka, adil, dapat diprediksi, transparan, dan non diskriminatif untuk memastikan ketersediaan pangan. 

Kemudian, mempromosikan kewirausahaan pertanian inovatif melalui pertanian digital untuk meningkatkan kehidupan petani di pedesaan. Selain itu, Indonesia juga mendorong transformasi sistem pertanian menjadi lebih efisien, inklusif, tangguh, dan berkelanjutan. 

Forum AMM G20 dihadiri oleh 148 delegasi online dan 177 delegasi asing secara offline, di antaranya Rwanda, Kamboja, Kanada, Korea Selatan, India, Arab Saudi, Singapura, Turki, dan UEA. Para delegasi tersebut akan diajak mengunjungi pariwisata pertanian di Bali, pada penutupan Forum AMM G20, Kamis (29/9/2022). 

Jokowi Bagikan BSU dan Bantuan Sembako BBM di Ternate

Jokowi Bagikan BSU dan Bantuan Sembako BBM di Ternate

Metro Siang • 4 hours ago

Presiden Joko Widodo membagikan paket Bantuan Subsidi Upah (BSU) kepada 7.077.500 orang pada tahap satu sampai tiga di Balai Latihan Kerja, Kelurahan Ubo-Ubo, Ternate Tengah, Kota Ternate. Selain itu Jokowi juga membagikan ratusan paket bantuan sembako BBM kepada masyarakat dan pedagang di Pasar Higienis, Ternate.

Pembagian tersebut didampingi oleh Menteri Tenaga Kerja, Ida Fauziah dan Menteri Investasi Bahlil Lahadalia. Rombongan Presiden mengunjungi lokasi Balai Latihan Kerja untuk membagikan ratusan paket BSU kepada ratusan pekerja swasta.

Sementara di Maluku Utara, penerima tahap satu sampai tiga sudah mencapai 30.475 orang. Setelah membagikan BLT, Presiden Joko Widodo melanjutkan perjalanan ke Kab. Halmahera Barat dan Sofifi Kota Tidore Kepulauan.

196 Orang Mendaftar Jadi Calon Panwascam Bulukumba

196 Orang Mendaftar Jadi Calon Panwascam Bulukumba

The Election Channel • 4 hours ago

Bawaslu Bulukumba, Sulawesi Selatan, akan melakukan proses verifikasi administrasi terhadap 196 pendaftar Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) untuk Pemilu 2024.

Ada 196 pendaftar dan akan dilakukan proses verifikasi administrasi selama dua hari, bila dalam proses verifikasi administrasi nantinya ada yang tidak memenuhi kuota maka akan diadakan perpanjangan perekrutan yang akan diumumkan pada 1 Oktober 2022.

Bawaslu Maros Sosialisasikan Pengawasan Netralitas ASN saat Pemilu

Bawaslu Maros Sosialisasikan Pengawasan Netralitas ASN saat Pemilu

The Election Channel • 4 hours ago

Menjelang Pemilu 2024, Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan menggelar sosialisasi pengawasan netralitas ASN, TNI dan Polri. Sosialisi digelar karena ASN dinilai rentan terlibat kegiatan politik praktis.

Di Kabupaten Maros, Bawaslu merinci ada 18 kasus pelanggaran yang dilakukan ASN pada Pilkada 2022. Pelanggaran di kalangan ASN saat itu didominasi aktivitas ikut berkampanye di media sosial.

Uji Coba SEABA Women Basket League Bergulir Oktober 2022

Uji Coba SEABA Women Basket League Bergulir Oktober 2022

Metro Siang • 4 hours ago

PP Perbasi menginisiasi bergulirnya kompetisi bola basket putri antar klub se-Asia Tenggara yakni SEABA Women Basket League. Uji coba kompetisi tersebut direncanakan bergulir pada Oktober mendatang.

Hal tersebut disampaikan Sekjen Perbasi, Nirmala Dewi kepada awak media. Nirmala menyebut usai berkoordinasi dengan Southeast Asia Basketball Association (SEABA) sangat disayangkan jika tidak ada kompetisi bola basket putri di level klub antar negara Asia Tenggara. 

SEABA Women Basket League dijadwalkan akan bergulir tahun depan. Namun sebelumnya akan ada pengenalan di tiga negara. Indonesia akan menjadi tuan rumah seri pamungkas pada 31 Oktober setelah liga digelar di Thailand dan Malaysia.

Sementara menurut Direktur Kompetisi SWBL, Christopher Tanuwijaya, upaya memperkuat timnas bola basket putri Indonesia diyakini akan tercipta dengan banyaknya kompetisi.

Bawaslu Majene Masih Cari Calon Panwascam Perempuan

Bawaslu Majene Masih Cari Calon Panwascam Perempuan

The Election Channel • 4 hours ago

Bawaslu Majene, Sulawesi Barat, memperpanjang masa pendaftaran Panwascam untuk Kecamatan Malunda. Perpanjangan dilakukan setelah kuota keterwakilan pendaftar perempuan minimal 30% tidak terpenuhi.

Komisioner Bawaslu Majene, Dardi menyatakan, perpanjangan masa pendaftaran ini dilakukan selama satu pekan pada 2-8 Oktober mendatang. Meski demikian lima kecamatan lainnya telah memenuhi syarat jumlah pendaftar dan telah melengkapi dokumen pendaftaran.

Secara keseluruhan jumlah pendaftar Panwascam menjelang pemilu 2024 di wilayah ini mencapai 172 orang.

MAKI: Jemput Paksa Lukas Enembe!

MAKI: Jemput Paksa Lukas Enembe!

Metro Siang • 4 hours ago

Koordinator Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) meminta KPK untuk menunjukkan ketegasan dengan mengeluarkan surat pemanggilan ketiga atau jemput paksa Gubernur Papua Lukas Enembe yang telah dua kali mangkir dari panggilan KPK. Hal ini dinilai perlu untuk menunjukkan keseriusan negara dalam upaya pemberantasan korupsi. 

"Mestinya sudah diterbitkan pemanggilan ketiga disertai upaya paksa, Ini tantangan bagi KPK," ujar Koordinator MAKI Boyamin Saiman dalam Program Prime Time News Metro TV, Selasa (27/9/2022).

Inflasi Makin Tinggi, Harga Pangan di AS Meroket

Inflasi Makin Tinggi, Harga Pangan di AS Meroket

Metro Siang • 4 hours ago

Inflasi memicu lonjakan harga berbagai kebutuhan pokok di AS. Semakin banyak jumlah keluarga yang bergantung kepada bantuan pemerintah federal untuk memenuhi kebutuhan pangan mereka.

Seperti yang dialami oleh Shannon Krapf. Pendapatannya yang tidak naik nominalnya telah tergerus nilainya oleh lonjakan harga sehingga tidak lagi mencukupi kebutuhan pokok keluarganya. 

Lembaga amal dan pusat bantuan makanan melaporkan lonjakan pemohon bantuan sekitar 18% dibandingkan tahun sebelumnya. Pada saat bersamaan jumlah pendonor berkurang sebab donatur pun semakin berhemat.

Pemerintah AS, Rabu (28/9/2022), mengakui bahwa inflasi telah menambah jumlah warganya yang tergolong rawan pangan. Inflasi terus meningkat seiring perang Rusia vs Ukraina yang memicu krisis energi dan pangan global.

Siang Ini, Tim Kuasa Hukum Temui Lukas Enembe di Kediamannya

Siang Ini, Tim Kuasa Hukum Temui Lukas Enembe di Kediamannya

Metro Siang • 4 hours ago

Tim kuasa hukum rencananya akan menemui Gubernur Papua Lukas Enembe, Rabu (28/9/2022) pukul 14.00 WIT. Kedatangan tim kuasa hukum untuk mendapatkan informasi terkini mengenai kondisi kesehatan Lukas Enembe.

Dijadwalkan pada pukul 17.00 WIT, tim kuasa hukum akan melalukan memberikan informasi terbaru tentang keputusan Lukas Enembe ke Jakarta atau tidak. 

Sementara itu, jumlah simpatisan yang berjaga di sekitar kediaman Lukas Enembe mengalami kenaikan. Namun, Kabid Humas Polda Papua memastikan bahwa kondisi di sekitar kediaman Lukas Enembe dan Jayapura masih kondusif. Pihak kepolisian juga tetap menyiagakan pasukan untuk berjaga, mengantisipasi perubahan stuasi dan kondisi. 

Situasi ini tidak begitu memengaruhi kegiatan warga di Jayapura, pasalnya warga tetap menjalankan aktivitas seperti biasanya. Meski demikian, jalanan menuju rumah Lukas Enembe dijaga sejumlah simpatisan dan juga dihalangi bebatuan dan alat berat agar menyulitkan awak media dan kepolisian mendekat ke sekitaran rumah Gubernur Papua ini.

Calon Jemaah Umrah Kesulitan Dapat Vaksin Meningitis

Calon Jemaah Umrah Kesulitan Dapat Vaksin Meningitis

Selamat Pagi Indonesia • 4 hours ago

Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas 1 Soekarno Hatta cabang Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur mengalami kekosongan vaksin meningitis. Akibatnya para calon jemaah umrah Indonesia kesulitan untuk mencari vaksin yang menjadi syarat wajib untuk pergi ke tanah suci tersebut.

Di depan Kantor KKP Kelas 1 Bandara Soekarno Hatta cabang Halim Perdanakusuma terpampang pengumuman soal kekosongan vaksin meningitis. Hal ini sudah terjadi selama sepekan. Kondisi tersebut membuat para calon jemaah umrah resah dan khawatir lantaran harus mencari ke sejumlah tempat untuk mendapatkan vaksin tersebut. 

Vaksin meningitis merupakan salah satu syarat yang harus dipenuhi para calon jemaah umrah untuk dapat berangkat ke tanah suci. Salah satu calon jemaah umrah asal Bogor, Jawa Barat, Mulyaman telah berkeliling ke sejumlah tempat untuk mencari vaksin meningitis, namun hingga saat ini masih belum mendapatkan vaksin tersebut. 

Kelangkaan itu sempat memicu desakan agar pemerintah dapat mengkaji ulang kebijakan yang mewajibkan vaksin meningitis 14 hari sebelum pemberangkatan bagi para calon jemaah umrah.

Hari Terakhir, 4 Parpol Datang ke KPU Lakukan Perbaikan Dokumen

Hari Terakhir, 4 Parpol Datang ke KPU Lakukan Perbaikan Dokumen

The Election Channel • 5 hours ago

Empat pimpinan Partai Politik (Parpol) datang ke KPU RI untuk memperbaiki kelengkapan dokumen pendaftaran Pemilu 2024 di Sistem Informasi Parpol (Sipol). KPU menyebut hari ini terakhir proses perbaikan dan tidak ada perpanjangan waktu, Rabu (28/9/2022). 

Empat pimpinan Parpol yang hadir di KPU RI diantaranya, PAN, Gerindra, Partai Keadilan dan Persatuan, dan PSI. Alasan keempat Parpol hadir di hari terakhir, karena mengaku tidak ingin tergesa-gesa dan lebih teliti, agar tidak ada kesalahan dalam menyerahkan berkas pelengkapan dokumen. Belum ada keterangan jelas dari pihak KPU soal jumlah Parpol yang sudah melakukan perbaikan data. 

Dari 24 Parpol yang dinyatakan lolos verifikasi berkas awal, KPU masih akan menunggu 16 Parpol untuk melakukan perbaikan dan juga menyerahkan formulir dokumen. KPU memberi waktu Parpol yang belum menyerahkan dokumen perbaikan hingga pukul 24.00 WIB hari ini. 

Setelah itu, KPU akan melakukan verifikasi administrasi perbaikan dokumen terhitung mulai 29 September hingga 12 Oktober 2022 mendatang. 

Ridwan Kamil Disinyalir Masuk Bursa Pilpres 2024, Ada Parpol yang Lirik?

Ridwan Kamil Disinyalir Masuk Bursa Pilpres 2024, Ada Parpol yang Lirik?

Selamat Pagi Indonesia • 5 hours ago

Nama Ridwan Kamil perlahan mulai dibicarakan sebagai salah satu calon yang akan meramaikan bursa Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Namun, ada kendala yang dihadapi Ridwan Kamil, yaitu belum adanya partai politik yang mau meminangnya. 

Menurut relawan pendukung, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil akan bergabung dengan sebuah Partai Politik (Parpol) pada akhir 2022. Sosok Ridwan Kamil perlahan mulai dibicarakan elite politik nasional. 

Salah satunya adalah Ketua Umum Prabowo Subianto yang memuji Ridwan Kamil di depan massa muktamar, Sabtu (24/9/2022) lalu.

Ketua Umum Partai Gerindra itu memuji profil Ridwan Kamil yang layak diperhitungkan sebagai calon presiden masa depan. Setelah dipuji Prabowo, Ridwan Kamil mengaku tidak mau terburu-buru menentukan arah politiknya. 

Dalam konferensi pers, Senin (26/9/2022) kemarin, Ridwan Kamil mengatakan ada dua pilihan ruang politiknya yang bisa ditempuh, yaitu dalam Pilpres 2024 atau menjadi Gubernur lagi.  

Meninjau pada grafik survei terbaru yang dikeluarkan Charta Politika, Ridwan Kamil berpeluang besar menjadi calon wakil presiden. Peringkat Ridwan Kamil persis di bawah nama Sandiaga Uno.

Korban Hilang Akibat Longsor di Kotabaru Bertambah 5 Orang

Korban Hilang Akibat Longsor di Kotabaru Bertambah 5 Orang

Metro Siang • 5 hours ago longsor

Korban hilang akibat bencana longsor di Kotabaru, Kalimantan Selatan, hingga Rabu (28/9/2022) bertambah lima orang dari sebelumnya tiga orang. Saat ini total korban longsor menjadi 17 orang, 6 orang diantarnya meninggal dunia dan 6 lainnya selamat.

Tim Gabungan hingga siang ini masih melakukan upaya pencarian manual dengan mengunakan mesin air untuk mengikis timbunan tanah. Sulitnya medan tidak memungkinkan untuk membawa alat berat menuju lokasi kejadian.

Teknologi Laser Bantu Pemulihan Hipertensi dan Kolesterol (3)

Teknologi Laser Bantu Pemulihan Hipertensi dan Kolesterol (3)

Go Healthy • 5 hours ago

Hipertensi dan kolesterol sangat berbahaya. Hipertensi bisa menyebabkan dan disebabkan oleh darah yang kental dan pembuluh darah yang kaku. Satu saja sangat berbahaya apalagi dua, bisa terjadi komplikasi yang sangat menakutkan. Jangan sampai kita terkena komplikasi akibat hipertensi dan kolesterol. 

Seperti yang dialami Ibu Elisma, tekanan darah atau tensi tertinggi yang dialaminya mencapai angka 200 sedangkan untuk tekanan darah normal adalah 120/80. Dampaknya Ibu Elisma tidak bisa tidur karena pusing yang dirasakannya seperti kepala ingin pecah, tetapi jika berdiri pusing yang dirasakannya tidak begitu parah.

Ibu Elisma mengalami hipertensi sesudah melahirkan. Menurt dr. Boyke hipertensi pada kehamilan dan melahirkan sering kali berlanjut sampai setelah proses persalinan selesai dan itu harus selalu mendapatkan terapi. Tidak hanya hipertensi, Ibu Elisma juga mengalami kolesterol yang berasal dari tidak teraturnya pola makan dan hidup.

Setelah memakai teknologi laser selama enam tahun terakhir, Ibu Elisma merasa dirinya menjadi lebih sehat. Hipertensi menurun jadi 130/80 dirinya juga masih kuat untuk berjalan jauh serta hilangnya sakit kepala yang dialami dan kolesterolnya pun sudah normal.

Teknologi Laser Bantu Pemulihan Hipertensi dan Kolesterol (2)

Teknologi Laser Bantu Pemulihan Hipertensi dan Kolesterol (2)

Go Healthy • 5 hours ago

Hipertensi dan kolesterol sangat berbahaya. Hipertensi bisa menyebabkan dan disebabkan oleh darah yang kental dan pembuluh darah yang kaku. Satu saja sangat berbahaya apalagi dua, bisa terjadi komplikasi yang sangat menakutkan. Jangan sampai kita terkena komplikasi akibat hipertensi dan kolesterol. 

Seperti yang dialami Ibu Elisma, tekanan darah atau tensi tertinggi yang dialaminya mencapai angka 200 sedangkan untuk tekanan darah normal adalah 120/80. Dampaknya Ibu Elisma tidak bisa tidur karena pusing yang dirasakannya seperti kepala ingin pecah, tetapi jika berdiri pusing yang dirasakannya tidak begitu parah.

Ibu Elisma mengalami hipertensi sesudah melahirkan. Menurt dr. Boyke hipertensi pada kehamilan dan melahirkan sering kali berlanjut sampai setelah proses persalinan selesai dan itu harus selalu mendapatkan terapi. Tidak hanya hipertensi, Ibu Elisma juga mengalami kolesterol yang berasal dari tidak teraturnya pola makan dan hidup.

Setelah memakai teknologi laser selama enam tahun terakhir, Ibu Elisma merasa dirinya menjadi lebih sehat. Hipertensi menurun jadi 130/80 dirinya juga masih kuat untuk berjalan jauh serta hilangnya sakit kepala yang dialami dan kolesterolnya pun sudah normal.

Teknologi Laser Bantu Pemulihan Hipertensi dan Kolesterol (1)

Teknologi Laser Bantu Pemulihan Hipertensi dan Kolesterol (1)

Go Healthy • 5 hours ago

Hipertensi dan kolesterol sangat berbahaya. Hipertensi bisa menyebabkan dan disebabkan oleh darah yang kental dan pembuluh darah yang kaku. Satu saja sangat berbahaya apalagi dua, bisa terjadi komplikasi yang sangat menakutkan. Jangan sampai kita terkena komplikasi akibat hipertensi dan kolesterol. 

Seperti yang dialami Ibu Elisma, tekanan darah atau tensi tertinggi yang dialaminya mencapai angka 200 sedangkan untuk tekanan darah normal adalah 120/80. Dampaknya Ibu Elisma tidak bisa tidur karena pusing yang dirasakannya seperti kepala ingin pecah, tetapi jika berdiri pusing yang dirasakannya tidak begitu parah.

Ibu Elisma mengalami hipertensi sesudah melahirkan. Menurt dr. Boyke hipertensi pada kehamilan dan melahirkan sering kali berlanjut sampai setelah proses persalinan selesai dan itu harus selalu mendapatkan terapi. Tidak hanya hipertensi, Ibu Elisma juga mengalami kolesterol yang berasal dari tidak teraturnya pola makan dan hidup.

Setelah memakai teknologi laser selama enam tahun terakhir, Ibu Elisma merasa dirinya menjadi lebih sehat. Hipertensi menurun jadi 130/80 dirinya juga masih kuat untuk berjalan jauh serta hilangnya sakit kepala yang dialami dan kolesterolnya pun sudah normal.

Simpatisan Masih 'Memagari' Rumah Lukas Enembe

Simpatisan Masih 'Memagari' Rumah Lukas Enembe

Metro Siang • 5 hours ago

Situasi keamanan dan ketertiban masyarakat di Jayapura, Papua pascapemanggilan kedua Gubernur Papua Lukas Enembe oleh KPK tampak aman dan kondusif. Meski begitu, sejumlah simpatisan masih menjaga ketat kediaman Lukas Enembe sejak Selasa (27/9/2022) malam hingga Rabu (28/9/2022) siang. 

Meski tampak kondusif pihak kepolisian tetap menyiagakan anggota dan personelnya untuk mengantisipasi perubahan kondisi. Berdasarkan keterangan dari Kuasa Hukum Lukas Enembe, melalui pesan singkat rencananya pada Rabu (28/9/2022) pukul 14.00 WIT, pihak kuasa hukum akan bertemu langsung dengan Lukas Enembe di kediamannya.

Puluhan Korban Gas Beracun di Mandailing Natal Masih Dirawat

Puluhan Korban Gas Beracun di Mandailing Natal Masih Dirawat

Metro Siang • 5 hours ago keracunan gas

Puluhan korban terdampak gas beracun di Mandailing Natal, Sumatera Utara masih menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah Panyabungan dan Rumah Sakit Permata Madina, Rabu (28/9/2022). Kondisi para korban sudah berangsur membaik dan tidak lagi merasakan mual-mual dan muntah. 

Namun, korban belum diperbolehkan pulang oleh pihak Rumah Sakit karena kondisinya yang masih lemah. Tetapi, sebagian korban meminta untuk dipulangkan.

Bupati Mandailing Natal Muhammad Jafar Sukhairi Nasution meminta pemerintah pusat untuk mengkaji ulang keberadaan perusahaan sumur bor PT SMGP di Mandailing Natal. Menurutnya, perusahaan telah gagal memberikan kenyamanan dan keamanan untuk masyarakat setempat. Peristiwa keracunan gas beracun yang sudah berulang kali terjadi juga membuat warga sangat takut. 

Teknisi ATM di Sukabumi Curi Uang Rp1,9 M

Teknisi ATM di Sukabumi Curi Uang Rp1,9 M

Metro Siang • 5 hours ago

Dua orang tersangka komplotan pencurian uang di mesin ATM ditangkap Satreskrim Polres Sukabumi, Jawa Barat. Seorang tersangka merupakan oknum pegawai pihak ketiga (vendor) yang mengisi uang ATM. Selama menjalankan aksinya, tersangka telah menggasak uang total Rp1,9 miliar. 

Komplotan pencuri uang di mesin ATM dilakukan oleh oknum pegawai vendor penyedia uang PT Usaha Gedung Mandiri berinisial AS. Pelaku ditangkap oleh Satreskrim Polres Sukabumi di wilayah Cianjur, Jawa Barat setelah beraksi selama hampir satu tahun. Ia melakukan aksinya di enam titik operasi dengan jumlah total kerugian mencapai Rp1,9 miliar.

Kapolres Sukabumi, AKBP Dedy Darmawansyah mengatakan modus yang dilakukan adalah dengan memanfaatkan profesinya sebagai teknisi perawatan mesin ATM. Ia kemudian dengan leluasa mengambil uang sebanyak Rp50 juta-Rp250 juta setiap beraksi.

"Ia bekerja sebagai teknisi mesin ATM, memiliki kunci, tersangka inisial AS memperbaiki mesin sekaligus mengambil uangnya," ujar Kapolres Sukabumi, AKBP Dedy Darmawansyah.

Dalam aksinya polisi juga menangkap tersangka berinisial R yang menjadi penerima uang. Sementara tersangka lain berinisial IH masih diburu.

Jembatan Penghubung Banjarnegara-Purbalingga Ambles

Jembatan Penghubung Banjarnegara-Purbalingga Ambles

Metro Siang • 5 hours ago

Jembatan Sungai Serayu di Desa Klampok, Jawa Tengah yang menghubungkan Kabupaten Banjarnegara-Purbalingga, Jawa Tengah ambles sedalam sepuluh sentimeter. Bagian yang ambles menyisakan lubang sedalam satu meter hingga besi rangka jembatan terlihat.

Jembatan Serayu yang dibangun sejak 1982 memang sudah terlihat rapuh termakan usia. Saat ini jembatan ditutup selama satu minggu untuk diperbaiki. Arus lalu lintas dari arah Purwokerto sementara dialihkan melalui jalur Banyumas-Banjarnegara.

Meski petugas dari Dishub maupun Satlantas Polres Banjarnegara sudah menutup jalur ini, namun masih banyak pengendara roda dua yang melintas.

Jembatan Penghubung DIY-Jateng Ambles, Lalu Lintas Dialihkan

Jembatan Penghubung DIY-Jateng Ambles, Lalu Lintas Dialihkan

Metro Siang • 5 hours ago

Jembatan Glagah di ruas Jalur Jalan Lintas Selatan Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta dalam kondisi rusak. Mengantisipasi kondisi semakin parah, kepolisian bersama warga relawan menutup jembatan dan mengalihkan arus lalu lintas.

Terlihat pada bagian atas tepatnya aspal jembatan sisi barat amblas sekitar 5-10 sentimeter. Terdapat juga retakan panjang dan lubang yang besar hingga terlihat kerangka jembatan di sisi bawah barat.

Hanya pejalan kaki dan roda dua saja yang diperbolehkan melintasi jembatan ini. Atas kerusakan ini, warga khawatir jembatan yang sudah beroperasi sejak 1988 ini bisa amblas. Sementara itu jembatan ini baru sekali direnovasi sejak 1999 silam.

Melihat Proyek Penanaman Pohon Besar di Semenanjung Eyre

Melihat Proyek Penanaman Pohon Besar di Semenanjung Eyre

Selamat Pagi Indonesia • 5 hours ago

Sebuah peternakan di Australia Selatan telah menjadi lokasi proyek strategis untuk menanam 350 ribu pohon yang meliputi sepertiga dari 550 hektare lahan. Proyek ini dilakukan melalui inisiasi revegetasi yang bertujuan untuk menangkap karbon dan mengurangi gas berbahaya yang menyebabkan pemanasan global.

Dalam beberapa tahun, lahan di Semenanjung Eyre akan ditumbuhi tanaman asli yang ditanam oleh perusahaan pertanian, Cassinia. Saat ini perusahaan telah membeli tanah tersebut dan berencana menghijaukan kembali sepertiga lahan.

CEO Cassinia Paul Dettman mengatakan, pihaknya melakukan proyek ini salah satunya sebagai upaya restorasi alam dan unuk mengurangi gas berbahaya penyebab Global Warming.

"Kami telah melakukan proyek penyemaian langsung yang cukup besar, di sekitar 1.600 hektare lahan dan kami mengembalikan sekitar 550 hektare ke spesies asli, untuk tumbuh, sebagai proyek restorasi alam," ujar Ceo Cassinia Paul Dettman.

Cassinia juga telah bekerjasama dengan perusahaan reboisasi, LandLife, yang sadar akan perubahan iklim dan hilangnya keanekaragaman hayati sebagai hal yang buruk di dunia bisnis. Namun, hasilnya masih harus dilihat apa dampak proyek seperti ini dalam memerangi perubahan iklim.

Angin Kencang Menyulitkan Pemadaman Kebakaran Hutan Gunung Ciremai

Angin Kencang Menyulitkan Pemadaman Kebakaran Hutan Gunung Ciremai

Headline News • 6 hours ago

Kebakaran lahan hutan Gunung Ciremai, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat hingga saat ini terus meluas. Tiupan angin serta banyaknya ranting pohon serta alang-alang kering menyulitkan petugas gabungan padamkan api.

Petugas gabungan dari BPBD, TNGC, TNI, Polri dan relawan terus berupaya memadamkan api di lahan hutan Gunung Ciremai di Desa Pasawahan, Kuningan, Jawa Barat. Api yang terus membesar membuat petugas kesulitan memadamkan api dengan alat seadanya.

Sebelumnya kebakaran Lahan Gunung Ciremai terjadi sejak Minggu (25/9/2022) pagi dan bisa dipadamkan oleh petugas pada malam hari. Namun api kembali menyala dan terus meluas sejak Senin (26/9/2022).

Korban Hilang Akibat Longsor Kotabaru Bertambah Jadi 5 Orang

Korban Hilang Akibat Longsor Kotabaru Bertambah Jadi 5 Orang

Headline News • 6 hours ago

Tim Rescue Basarnas Kotabaru, Kalimantan Selatan melanjutkan pencarian korban tertimbun tanah longsor, Rabu (28/9/2022) siang. Korban yang hilang masih dalam pencarian bertambah menjadi lima orang dari sebelumnya tiga orang.

Saat ini total ada 17 orang korban longsor di Kotabaru, Kalimantan Selatan. Sebanyak enam korban meninggal dunia, enam lainnya selamat dan lima orang masih dalam proses pencarian. 

Informasi bertambahnya korban ini diperoleh dari tim Basarnas di lokasi kejadian. Sebanyal lima orang korban hilang yakni Rafi, Bobo, Parin, Sahdi dan Amud. Tim gabungan sampai saat ini masih melakukan upaya pencarian manual dengan menggunakan mesin air untuk mengikis timbunan tanah.

Sulitnya lokasi tidak memungkinkan tim gabungan untuk membawa alat berat ke lokasi kejadian.

Kondisi Remaja Bengkulu yang Dibakar Hidup-Hidup Mulai Membaik

Kondisi Remaja Bengkulu yang Dibakar Hidup-Hidup Mulai Membaik

Metro Siang • 6 hours ago

Kondisi remaja yang dibakar hidup-hidup karena dituduh mencuri telepon genggam mulai membaik, Rabu (28/9/2022). Korban saat ini masih dirawat di RSUD Bengkulu Selatan.

Remaja berinisial PBH dibakar hidup-hidup oleh tetangganya karena diduga mencuri telepon genggam. Saat ini kondisi korban mulai membaik dan dalam proses pemulihan. Sementara pelaku pembakaran sudah ditahan di Rutan Polres Bengkulu Selatan.

Pelaku terancam pasal berlapis yakni tentang penganiayaan dan percobaan pembunuhan, serta pasal tentang perlindungan anak dengan ancaman 15 tahun penjara.

Sebelumnya, pelaku menuduh korban mencuri telepon genggam. Ia kemudian mengikat dan menyiram bensin ke tubuh korban, lalu membakarnya. Korban yang berahasil melepaskan diri dan lari itu pun kemudian melaporkan perbuatan pelaku ke orang tua dan Polisi.

Pameran Hallyu! The Korean Wave Digelar di London

Pameran Hallyu! The Korean Wave Digelar di London

Selamat Pagi Indonesia • 6 hours ago

Budaya Korea telah menguasai dunia melalui program TV yang menghibur, film-film pemenang penghargaan dan lagu-lagu pemecah rekor. Sebuah pameran di Museum London memberikan penghormatan kepada budaya pop Korea melalui grup K-Pop BTS yang sensasional di seluruh dunia.

Sebuah pameran baru dengan menyoroti  pengaruh budaya Korea Selatan di seluruh dunia dibuka di Museum Victoria and Albert di London. Pameran "Hallyu! The Korean Wave" mengangkat tentang fenomena "hallyu" yang berarti gelombang korea yang terkenal sejak akhir 1990-an di Asia. "Hallyu! The Korean Wave" bertujuan untuk menjembatani kesenjangan pengetahuan antar generasi, mengenai kisah masa lalu negara yang sulit dan masa kini yang sukses.

Pameran ini berisi banyak cerita tentang K-Pop dan K-Drama yang ikonik. Item baru yang dipamerkan termasuk kostum pink dan hijau "Squid Game" serta reproduksi kamar mandi ikonik dari drama pemenang Oscar "Parasite". 

Penggemar budaya Korea juga akan menemukan video sensasi K-Pop pertengahan 90-an ,Seo Taiji and Boys, instrumen tradisional dan kostum sejarah ponsel produksi Korea hingga barang-barang dari Olimpiade Seoul 1988. Salah satu ekspor hallyu terbesar dalam lima tahun terakhir adalah band K-Pop BTS juga akan ditampilkan dalam koleksi tersebut. Terutama melalui tantangan tarian interaktif.

Tegas! Bupati Blora: Tidak Boleh Ada Pemotongan BLT dengan Alasan Apa pun

Tegas! Bupati Blora: Tidak Boleh Ada Pemotongan BLT dengan Alasan Apa pun

Selamat Pagi Indonesia • 6 hours ago

Pemotongan dana BLT kembali terjadi di Blora, Jawa Tengah. Bupati Blora Arief Rohman menegaskan dana BLT tidak boleh dipotong dengan alasan apa pun. Arief pun telah mengumpulkan seluruh Kepala Desa se-Kabupaten Blora untuk dilakukan pembinaan. Arief juga menegaskan bahwa BLT merupakan hak untuk rakyat yang harus dipenuhi.

"Kita tegas dalam hal ini, tidak boleh ada pemotongan dalam motif apa pun karena itu (BLT) merupakan hak rakyat," tegas Arief. 

Sebelumnya, sejumlah warga penerima manfaat BLT dana desa dimintai sumbangan sukarela oleh perangkat desa untuk pembangunan musala, Senin (26/9/2022). Warga penerima manfaat harus menyetorkan uang sebesar Rp20 ribu dengan alasan administrasi yang belakangan diketahui dilakukan oleh istri perangkat desa.